//Bahan Saat Teduh 19 – 25 Jan 09

Bahan Saat Teduh 19 – 25 Jan 09

Image

Senin 19/01/09

BERSUKACITALAH SENANTIASA DI DALAM TUHAN

Bacaan Firman Tuhan hari ini: Filipi 4:2-9.

M1(Menerima):
Semua orang berusaha mencari kebahagiaan. Bahkan banyak orang berdoa agar diberi kebahagiaan. Tapi mintalah pada Tuhan diberi sukacita! Kebahagiaan itu kita rasakan saat sesuatu terjadi pada kita sendiri. Misalnya kita makan nasi goreng spesial yang lezat dan kita menikmatinya. Saraf kita melaporkan sesuatu yang menyenangkan, kita merasa bahagia. Berbeda dengan sukacita. Sukacita bukan hasil laporan saraf tubuh kita dan sukacita tidak bergantung pada hal-hal yang tidak kita sukai atau harapkan. Sukacita itu bahkan bisa kita rasakan saat sesuatu yang baik terjadi pada orang lain. Misalnya anak diterima di universitas terkemuka atau ayah kita sembuh dari sakit. Kita melihatnya dan bersukacita.
JADI SUKACITA ADALAH KEPUTUSAN atau sesuatu yang terjadi karena mentaati firman Tuhan, sekalipun itu mengancam kebahagiaan kita, tidak sesuai dengan keinginan atau pengharapan kita. Bila kita terbiasa mengikuti kehendak Tuhan sekali pun tidak menyukainya, Ia akan memberikan kasih karunia pada kita untuk menikmatinya. Kita akan hidup berbahagia. Itulah sukacita sejati yang datang dari Tuhan, yang memampukan kita menghadapi ujian kehidupan sehari-hari. Jadi adalah pilihan kita untuk bersukacita senantiasa di dalam Tuhan!

M2(Merenungkan):
1.Apakah nasehat penting Paulus kepada jemaat di Filipi? (ayat 4-5).
2.Apakah yang tidak boleh kita lakukan? (ayat 6). Mengapa? (ayat 7).
3.Untuk kita bersukacita, hal apakah yang mesti kita lakukan? (ayat 8).

M3(Melakukan):
Untuk bersukacita adalah keputusan kita. Kebenaran-kebenaran apakah yang perlu anda praktekkan berulang-ulang untuk bersukacita.

M4(Membagikan):
Bagikan kepada 3 orang rekan Anda tentang berkat yang anda dapatkan melalui perenungan firman hari ini.

Pokok doa hari ini:
Doakan orang-orang Kristen untuk bersukacita selalu di dalam Tuhan.

Ayat hafalan minggu ini:

2009-01-18T21:30:37+00:00