//Bahan Saat Teduh 28 Jun – 4 Jul’10

Bahan Saat Teduh 28 Jun – 4 Jul’10

Senin 28/06/10

DISIPLIN MEMBERI DALAM KERAHASIAAN

PERENUNGAN
Bacaan Firman Tuhan hari ini: Matius 6: 1-4

M1 (Menerima)
Bacalah Injil Matius 6: 1-4 dengan hati yang haus sambil berdoa.

M2 (Merenungkan)
1.Bagaimanakah seharusnya kita melakukan kewajiban agama kita? (ayat 1).
2.Bagaimanakah seharusnya kita memberi sedekah? (ayat 2-3).
3.Hal apakah yang akan kita alami bila kita memberi sedekah dengan motif yang benar? (ayat 4).

Setelah Kristus mengajar tentang memiliki hati yang benar di dalam Matius 5, Ia melanjutkan pengajaranNya dengan Matius 6 tentang praktek berbagai disiplin. Ayat-ayat di atas membahas tentang disiplin memberi. Ternyata memberi adalah bagian dari penyembahan dan pengorbanan kita kepada Tuhan. Bila kita memberi, maka kita sedang melakukan penyembahan kepada Tuhan. Hasilnya adalah akan ada perjumpaan di dalam penyembahan. Jadi, bila kita memulai penyembahan kita dengan benar, maka akan terjadi perjumpaan dengan Allah yang menghasilkan keintiman.

Tetapi mengapa banyak orang Kristen yang "menyembah Allah." namun tidak mengalami perjumpaan dengan Dia? Penyebabnya adalah karena mereka tidak melakukannya dengan motif yang benar. Ada orang yang melakukan penyembahan, seperti berdoa, menyanyi, memberi dan lain sebagainya. Namun, mereka melakukannya dengan motif yang salah, yakni supaya dilihat oleh orang. Bila kita "menyembah" Tuhan karena ingin dilihat dan dipuji orang, maka kita tidak sedang menyembah Allah tetapi diri sendiri. Akibatnya, kita tidak berjumpa dengan Tuhan, tetapi dengan diri sendiri.

Jadi, bagaimanakah caranya mengalahkan ego kita yang suka dipuji oleh orang? Caranya adalah dengan melakukan disiplin kerahasiaan kita memberi dengan motif untuk tidak dipuji orang. Pada saat kita memberi dengan motif yang demikian, maka kita akan berjumpa dengan Bapa di tempat yang tersembunyi. Jadi, perjumpaan yang demikian menghasilkan keintiman.

M3 (Melakukan)
Bagaimana caranya saya mempraktekkan kebenaran-kebenaran baru yang saya peroleh dari bacaan di atas.

M4 (Membagikan)
Ceritakanlah kebenaran-kebenaran baru yang Anda peroleh kepada orang lain (keluarga, rekan bisnis, teman kantor, dll).

PENDALAMAN

MENGGALI LEBIH DALAM Matius 12:1-8.

Pilihlah metode induktif untuk meneliti topik bacaan Alkitab di atas (Lihat metode Pendalaman sesuai yang sudah ada di warta abbanews).

PENDALAMAN LEBIH LANJUT

MENGGALI LEBIH DALAM DAN LUAS : Mazmur 1 – 2

Pilihlah salah satu metode penelitian Alkitab untuk meneliti topik tersebut di atas lebih dalam dan lebih luas. Misalnya: metode induktif seperti Pendalaman untuk meneliti suratan Mazmur 1-2

2019-10-07T00:03:44+00:00