//Bahan Saat Teduh 29 & 30 Mei 2011

Bahan Saat Teduh 29 & 30 Mei 2011

Minggu, 29 Mei 2011

KEHADIRAN KERAJAAN ALLAH YANG LEBIH LUAS

M1 : MENERIMA FIRMAN
Bacalah Kisah Para Rasul 1:1-5 dengan hati yang haus sambil berdoa agar Tuhan memberikan pengertian dalam renungan hari ini.

M2 : MERENUNGKAN FIRMAN
Bacalah Kisah Para Rasul 1:1-5 dengan teliti dan jawablah pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut:
1.Apakah sebenarnya tema kitab Kisah Para Rasul? (ayat 1-2a)
2.Hal apakah yang Kristus lakukan dan ajarkan berulang-ulang selama 40 hari? (ayat 3)
3.Untuk hadirnya Kerajaan Allah, hal apakah yang mereka harus nantikan dari Bapa? (ayat 4-5)
Kita melanjutkan permbahasan tentang Kerajaan Allah dari renungan kemarin. Kerajaan Allah adalah kehadiran dan pemerintahan Kristus (Raja) di bumi. Dulu Kristus raja hanya hadir dan memerintah secara pribadi. Tetapi setelah Ia naik ke sorga, Roh Kudus dicurahkan, dan setelah itu Kristus Raja tidak lagi sendirian, tetapi Ia telah memiliki sebuah tubuh.
Sejak itulah Kristus Raja telah menjadi Kristus korporat. Sejak itu pula Kristus Raja tidak lagi hadir dan memerintah tanpa melibatkan tubuhNya. Jadi sejak itu Kristus Raja menghadirkan KerajaanNya adalah melalui tubuhNya, yaitu gerejaNya.
Itulah sebabnya bila kita melihat Kisah Para Rasul 1:1, dalam bahasa Inggris kita dapat mengerti bahwa tema kitab Kisah Para rasul

“Hai Teofilus, dalam bukuku yang pertama aku menulis tentang segala sesuatu yang dikerjakan dan diajarkan Yesus,” ~Kisah Para Rasul 1:1~

“The former account I made, O Theophilus, of all that Jesus began both to do and teach, until the day in which He was taken up” ~Acts 1:1-2a – NKJV~

Ada sebuah kata yang tidak lengkap dalam terjemahan bahasa Indonesia, yaitu kata began (mulai). Jadi Lukas penulis Kisah Para Rasul dan injil Lukas menjelaskan bahwa injil Lukas adalah kisah tentang “apa yang mulai dikerjakan dan diajarkan Yesus sampai pada hari Ia terangkat.” Berarti Kisah Para Rasul adalah “apa yang selanjutnya dikerjakan dan diajarkan oleh Yesus korporat.”
Injil Lukas adalah kehadiran dan pemerintahan Kristus Raja secara pribadi, tetapi Kisah Para Rasul adalah kehadiran dan pemerintahan Kristus Raja secara korporat. Berarti kehadiran Kerajaan Allah yang terakhir lebih luas dan lebih besar dari yang pertama.

2011-04-29T06:53:18+00:00