//Bahan Saat Teduh 5 – 11 Juli 2010

Bahan Saat Teduh 5 – 11 Juli 2010

Senin 05/07/10

SIAPA YANG SAYA ANDALKAN?

PERENUNGAN
Bacaan Firman Tuhan hari ini: Yeremia 17:5-8

M1 (Menerima)
Sebelum merenungkan Firman, mari ucapkanlah syukur kepada Tuhan atas segala kasih karunia yang diberikan oleh Tuhan atas keluarga, kesehatan, pekerjaan, keuangan dan hidup kita.

M2 (Merenungkan)
1.Orang seperti apakah yang akan terkutuk hidupnya dan orang seperti apakah yang akan diberkati? (ayat 5a dan 7a).
2.Apa perbedaan antara hidup yang mengandalkan manusia dengan hidup yang mengandalkan Tuhan? (ayat 6 dan 8).
3.Anda termasuk jenis orang yang manakah? Mengapa?

Apakah hidup Anda selama ini tidak berbuah atau tidak diberkati? Cobalah Anda mengecek bagaimana caranya Anda menjalani hidup Anda selama ini? Ternyata cara hidup yang mengandalkan manusia (termasuk mengandalkan diri sendiri) sangat dibenci oleh Allah. Ingatlah bahwa ketika kita mulai mengandalkan manusia, maka bukan hanya dibenci oleh Allah, tetapi juga dapat mendatangkan kutuk. Tidak seorang manusia pun yang dengan kekuatannya sendiri mampu menjalani hidup yang berkenan kepada Allah dan berbuah maksimal. Cara hidup yang mengandalkan Tuhan adalah dengan cara kita menjadikan Kristus sebagai kepala yang mengatur segala aspek hidup kita, sehingga kita dapat bekerja dan berbuah secara maksimal. Berhentilah untuk mengandalkan kekuatan sendiri. Terima dan alamilah kasih karunia Allah di setiap detik yang terjadi di dalam hidup Anda.

M3 (Melakukan)
Renungkanlah dalam aspek hidup yang mana, saya hanya selalu mengandalkan diri sendiri / manusia dan tidak mengandalkan kasih karunia Tuhan. Ubahlah cara hidup yang demikian mulai hari ini.

M4 (Membagikan)
Ceritakan kepada rekan Anda berkat apakah yang Anda alami ketika Anda mengandalkan kekuatan dan kasih karunia Tuhan

PENDALAMAN

MENGGALI LEBIH DALAM Yesaya 31:1-9.

Pilihlah metode induktif untuk meneliti topik bacaan Alkitab di atas (Lihat metode Pendalaman sesuai yang sudah ada di warta abbanews).

PENDALAMAN LEBIH LANJUT

MENGGALI LEBIH DALAM DAN LUAS : Mazmur 15 – 16

Pilihlah salah satu metode penelitian Alkitab untuk meneliti topik tersebut di atas lebih dalam dan lebih luas. Misalnya: metode induktif seperti Pendalaman untuk meneliti suratan Mazmur 15 – 16

2010-07-04T09:48:38+00:00