//Bahan Saat Teduh 7 – 13 Juni 2010

Bahan Saat Teduh 7 – 13 Juni 2010

mospagebreak title=Senin 07/06/10}

Senin 07/06/10

MANUSIA BATINIAH MENENTUKAN PERBUATAN

PERENUNGAN
Bacaan Firman Tuhan hari ini: Lukas 6:43-45

M1 (Menerima)
Bacalah Lukas 6:43-45 dengan hati yang haus sambil berdoa.

M2 (Merenungkan)
1.Prinsip apakah yang dapat kita pelajari tentang bagaimana seseorang dapat berbuah dari perumpamaan berbagai jenis pohon? (ayat 43-44).
2.Dari manakah asalnya hal yang diucapkan ataupun dilakukan oleh seseorang itu? (ayat 45).

Ada seseorang yang berkata kepada pembimbingnya, “Pak, mengapa saya walau pun sudah percaya bahwa Kristen telah hidup di dalam saya, namun saya masih tetap belum melihat Kristus yang hidup melalui saya? Saya mencoba untuk berubah, tetapi gagal.” Dari pernyataan orang tersebut di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa, walaupun Kristus telah berada di dalam seseorang, tapi diperlukan proses untuk Kristus merembes ke dalam manusia batin seseorang, sehingga Kristus menjelma ke dalam manusia batinnya. Nah, kalau manusia batinnya telah sama dengan Kristus atau dengan perkataan lain Kristus yang telah mengambil alih semua manusia batinnya, maka ia adalah seperti pohon-pohon yang diumpamakan oleh Kristus. Buah dari pohon ditentukan oleh benih apa yang ada di dalamnya. Kalau di dalam pohon itu terdapat benih apel, maka buahnya pasti apel dan tidak mungkin menghasilkan buah pisang. Kristus membiarkan rupa Dia menjelma ke dalam manusia batin (inner man) kita, sehingga kita menjadi seperti:
*. Pohon yang baik yang menghasilkan buah yang baik (Matius 7:17-18).
*. Perbendaharaan hati yang baik, menghasilkan perbuatan yang baik (Lukas 6:45).
*. Cawan yang bersih sebelah dalamnya (Lukas 11:38-40).
*. Rupa Kristen telah menjelma di dalam (Galatia 4:19).
Jikalau kita berfokus dan membiarkan Kristus menjelma ke dalam manusia batin kita, maka otomatis kita pasti berbuah. Bagi orang yang demikian, berbuah adalah hal yang alamiah dan mudah. Banyak orang berusaha untuk mengubah yang di luar, bukan manusia batinnya terlebih dahulu. Itulah sebabnya, mereka stress dan putus asa. Biarkan kasih karunia mengubah kita dari dalam ke luar bukan sebaliknya.

M3 (Melakukan)
Bagaimana caranya saya mempraktekkan kebenaran-kebenaran baru yang saya peroleh dari bacaan di atas.

M4 (Membagikan)
Ceritakanlah kebenaran-kebenaran baru yang Anda peroleh kepada orang lain (keluarga, rekan bisnis, teman kantor, dll).

PENDALAMAN

MENGGALI LEBIH DALAM Matius 7:15-23.

Pilihlah metode induktif untuk meneliti topik bacaan Alkitab di atas (Lihat metode Pendalaman sesuai yang sudah ada di warta abbanews).

PENDALAMAN LEBIH LANJUT

MENGGALI LEBIH DALAM DAN LUAS : Galatia 1-2

Pilihlah salah satu metode penelitian Alkitab untuk meneliti topik tersebut di atas lebih dalam dan lebih luas. Misalnya: metode induktif seperti Pendalaman untuk meneliti suratan Galatia 1-2.

2010-06-06T01:37:08+00:00