//Bahan Saat Teduh 5 – 11 Des 2011

Bahan Saat Teduh 5 – 11 Des 2011

Senin, 05/12/2011

HASIL KELIMA PEKERJAAN 1

Bacaan Firman :
Bacalah Efesus 4:11-13 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini.

Pertanyaan Renungan :
1. Apa yang telah diberikan Kristus kepada gerejaNya? Untuk apakah diberikanNya hal-hal di atas? (ayat 11-12)
2. Sampai kapankah hal-hal yang disebut dalam ayat 11-12 harus berlangsung? (ayat 13)

Jika semua orang kudus sibuk melakukan oikodomeo (membangun rumah Tuhan), maka hasilnya sangat hebat. Akibatnya, gereja akan mencapai kepenuhannya. Seperti apakah gereja kepenuhan Kristus itu? Ada 7 tanda-tanda gereja kepenuhan Kristus:

1. Kesatuan iman
Suatu saat nanti, setelah tubuh Kristus mencapai kepenuhannya, maka kita semua tidak lagi terpecah-pecah oleh perbedaan pemahaman dalam iman. Sekarang masih terdapat perbedaan iman antara berbagai kelompok, organisasi, denominasi. Perbedaan-perbedaan tersebut terjadi karena tubuh Kristus belum mencapai kepenuhannya. Apabila tubuh Kristus telah mencapai kepenuhannya, maka perbedaan-perbedaan pandangan itu membentuk sebuah kesatuan yang indah. Contoh: Jika kita masing-masing melihat potongan-potongan puzzle yang belum tersusun sesuai dengan gambar keseluruhannya, maka kita dengan mudah melihat dan mempersoalkan perbedaan dari masing-masing potongan tersebut. Tapi, apabila semua potongan-potongan telah tersusun menjadi satu gambar keseluruhannya, maka perbedaan-perbedaan tersebut membentuk sebuah gambar besar yang indah. Sekarang perbedaan-perbedaan tersebut tidak lagi memisahkan kita, tetapi mempersatukan kita.

2. Pengetahuan yang benar tentang Anak Allah
Demikian pula dengan pengetahuan tentang Anak Allah. Apabila tubuh Kristus telah mencapai kepenuhannya, maka sekarang Kristus dapat diekspresikan dengan penuh. Ketika Kristus sepenuhnya dapat dilihat, maka tentu semua orang kudus akan mencapai pengetahuan Anak Allah yang benar. Hal itu sama seperti gambar puzzle di atas. Apabila semua “potongan-potongan kecil tubuh Kristus” tersusun rapi, maka keseluruhan gambar Kristus akan terlihat.

Renungan Firman :
Bagaimana sikap Anda selama ini terhadap perbedaan-perbedaan dengan orang / kelompok lain? Perubahan apakah yang akan Anda lakukan untuk dapat saling melengkapi melalui perbedaan tersebut?

2011-10-29T03:11:57+00:00