//Bahan Saat Teduh 8 – 14 Agustus 2011

Bahan Saat Teduh 8 – 14 Agustus 2011

Senin, 8 Agustus 2011

MENGENAL SELURUH KEBENARAN OLEH ROH KUDUS (1)

Bacaan Firman
Yohanes 16:7-15

Merenungkan Firman
Dalam perjalanan kita mengikut Kristus, kita telah belajar untuk hidup sebagai anggota TubuhNya. Kita membiasakan diri untuk bergaya hidup “saling” dalam komunitas sel, agar kita bertumbuh dalam pengenalan kita akan Sang Kepala, yaitu Kristus sendiri. Roh Kudus menolong kita untuk mengenal Kristus melalui kehidupan dalam TubuhNya. Kemudian dari Firman yang kita baca hari ini, kita belajar mengenai peran Roh Kudus sebagai Roh Kebenaran. Allah mengutus Roh Kudus ini untuk menolong kita, anggota-anggota Tubuh Kristus, untuk mengenalNya secara utuh.

Tanpa sadar, seringkali kita sebagai orang Kristen mengenal Kristus belum secara utuh. Kita mungkin mengenal Kristus sebagai Penolong yang tepat waktu, murah hati, dan selalu peduli, karena Ia menolong kita saat kita terbelit masalah keuangan. Namun kita belum mengenal Dia sebagai Guru yang mengajarkan cara pengelolaan keuangan yang benar dan sebagai Raja yang mendisiplin kita agar bertobat dari kebiasaan-kebiasaan buruk kita dalam hal keuangan. Kita mungkin mengenal Kristus sebagai Penyembuh yang berkuasa melakukan mujizat, karena Ia menyembuhkan kita dari penyakit yang berat. Namun kita belum mengenal Dia sebagai Pelatih yang menginginkan kita berlatih melakukan gaya hidup sehat dan sebagai Allah yang menginginkan kita untuk menjaga tubuh kita sebagai BaitNya.

Kristus sebagai Penolong, sebagai Penyembuh, ataupun yang lain-lainnya, adalah suatu fakta. Namun fakta bukanlah seluruh kebenaran yang utuh. Sifat Kristus sebagai ini dan itu adalah berbagai sisi dari PribadiNya yang utuh. Kita perlu mengenal Pribadi Kristus secara utuh, mengenal seluruh Kebenaran itu.

Kata Bahasa Yunani untuk “kebenaran” adalah “aletheia”, yang berarti “realitas”. Ini maknanya sangat luas. Kebenaran bukan sekedar urusan benar atau salah secara moral, namun seluruh realitas yang utuh, walau tidak dapat kita lihat ataupun kita pahami. Artinya, mengenal Kristus bukan hanya sekedar berarti tahu apa yang benar dan salah, namun juga bertumbuh untuk mengenal seluruh sisi PribadiNya. Jika pengenalan kita ini terus bertumbuh, fakta-fakta yang kita pahami akan semakin selaras dengan kebenaran yang utuh itu.

Bagaimanakah pengenalan Anda akan Kristus selama ini? Untuk mengenal Kristus secara utuh, kita membutuhkan peran Roh Kudus sebagai Roh Kebenaran. Jika mata rohani kita dibukakan oleh Roh Kudus, maka kita akan mampu mengenal Kristus secara utuh. Karena itulah, kita perlu senantiasa berdoa agar Roh Kebenaran ini berperan dalam hidup kita, membukakan mata rohani kita sekaligus mengajar kita akan seluruh kebenaran melalui gaya hidup “saling” dalam komunitas di mana kita berada.

Pertanyaan Renungan
1. Sebagai apakah Anda mengenal Kristus selama ini? Sisi-sisi Kristus yang manakah yang selama ini Anda alami?
2. Hal-hal apa yang akan Anda lakukan agar pengenalan Anda akan Kristus bertumbuh semakin utuh?


2011-07-30T04:01:28+00:00