//Bahan Saat Teduh 8 – 14 Juli 2011

Bahan Saat Teduh 8 – 14 Juli 2011

Minggu, 10 Juli 2011

MINUMAN ROHANI MANUSIA BARU

M1 : MENERIMA FIRMAN
Bacalah 1 Korintus 12:12-13 dengan hati yang haus sambil berdoa agar Tuhan memberikan pengertian dalam renungan hari ini.

M2 : MERENUNGKAN FIRMAN
Bacalah 1 Korintus 12:12-13 dengan teliti. Jawablah pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut:
1.Bagaimanakah Paulus melukiskan Kristus, manusia baru itu? (ayat 12).
2.Disamping kita dibaptis menjadi satu tubuh oleh Roh Kudus, hal apakah yang diberi oleh Roh yang sama kepada anggota-anggota Tubuh Kristus? (ayat 13).

Sebagaimana tubuh manusia memerlukan air untuk hidup, demikian pula Tubuh Kristus memerlukan air kehidupan untuk hidup kekal. Roh Kudus bukan hanya membaptis kita menjadi anggota-anggota Tubuh Kristus, tetapi Ia juga memberi kita minum air kehidupan. Dimanakah kita diberi minum? Kita hanya diberi minum di dalam Tubuh Kristus. Ternyata, kepenuhan Roh Kudus terjadi di dalam Tubuh Kristus. Memang secara pribadi kita harus dipenuhi Roh Kudus. Tetapi kita secara pribadi hanya dapat dipenuhi oleh Roh Kudus, karena kita berada di dalam tubuh yang mendapat suplai air kehidupan.
Demikian pula seperti anggota-anggota tubuh secara jasmani, mereka hanya mendapat suplai air apabila mereka tercantum dalam tubuh. Jadi, sebagai manusia baru kita hanya dapat dipenuhi oleh Roh Kudus apabila kita minum terus-menerus di dalam Tubuh Kristus. Paulus berkata, “Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh, dan berkata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung puji-pujian dan nyanyian rohani. Bernyanyi dan bersoraklah bagi Tuhan dengan segenap hati,”(Efesus 5:18-19).
Cara kita penuh dengan Roh adalah dengan saling menyanyikan mazmur, kidung puji-pujian dan nyanyian rohani seorang akan yang lain. Puji-pujian yang dinyanyikan seorang akan yang lain adalah sarana untuk kita menyalurkan air kehidupan seorang akan yang lain. Dengan kita saling mengekspresikan Kristus, kita juga sedang saling menyalurkan air kehidupan seorang akan yang lain. Ingat, kita tidak dapat sepenuhnya dipenuhi oleh Roh apabila kita bersikap independent dan tidak mau bersekutu di dalam Tubuh Kristus.

PENDALAMAN PRIBADI & KELOMPOK:
Bacalah buku Build MY Home, Section 1, Bab 6.

2011-06-29T02:41:53+00:00