//Bahan Saat Teduh 8 – 14 Juli 2011

Bahan Saat Teduh 8 – 14 Juli 2011

Selasa, 12 Juli 2011

CARA HIDUP MANUSIA BARU

M1 : MENERIMA FIRMAN
Bacalah Kolose 2:16-19 dengan hati yang haus sambil berdoa agar Tuhan memberikan pengertian dalam renungan hari ini.

M2 : MERENUNGKAN FIRMAN
Bacalah Kolose 2:16-19 dengan teliti. Jawablah pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut:
1.Hal apakah yang dikatakan Paulus kepada jemaat di Kolose sebagai peringatan atas pengajaran sesat yang menekankan ritual-ritual perjanjian lama dan peribadatan yang keliru? (ayat 16-18).
2.Hal apakah yang tidak dilakukan oleh orang-orang yang menerima pengajaran sesat tersebut? Apa pula akibatnya? (ayat 19).

Tujuan pengajaran sesat adalah untuk mengalihkan kita dari gaya hidup Tubuh Kristus kepada ritual-ritual agama yang legalistik dan praktek-praktek “dunia roh” yang keliru. Akibat dari pengajaran sesat itu, maka mereka tidak lagi memiliki 2 hal yang sangat penting dalam hidup Tubuh Kristus. Pertama: Mereka tidak lagi berpegang teguh kepada Kristus sebagai kepala. Ini sangatlah berbahaya. Apabila kita tidak lagi berhubungan dengan Kristus, maka kita pasti tidak dapat bertumbuh. Tanpa Kristus tidak ada kehidupan yang dialirkan. Kristus adalah kepala atau sumber kehidupan jemaat. Kedua: Mereka tidak lagi ditunjang dan diikat menjadi satu oleh urat-urat dan sendi-sendi. Sendi-sendi berbicara tentang hubungan antar anggota tubuh. Urat adalah pengikat, yaitu kasih tidak bersyarat (Kolose 3:14). Urat dan sendi berbicara tentang hubungan yang penuh kasih.
Jadi, untuk hidup di dalam manusia baru, kita harus selalu mempraktekkan 2 hal, yaitu : 1. Berhubungan dengan Kristus (Kepala). 2. Berhubungan dengan sesama (saling mengasihi). Kedua hal tersebut haruslah menjadi gaya hidup sehari-hari. Kita bukan hanya mempraktekkan kedua hal tersebut di dalam pertemuan-pertemuan jemaat dasar, namun harus dipraktekkan setiap hari. Dimanapun kita berada, apapun yang sedang kita lakukan, kapanpun waktunya, kita harus selalu mempraktekkan kedua hal tersebut.

PENDALAMAN PRIBADI & KELOMPOK:
Bacalah buku Build MY Home, Section 1, Bab 7.

2011-06-29T02:41:53+00:00