Billboard

Di sepanjang jalan menuju bandara, biasanya kita melihat banyak papan reklame berukuran besar, atau billboard. Pemasangan billboard ini bertujuan untuk mempromosikan sebuah produk dari merek tertentu atau menyampaikan pesan tertentu dari pemerintah. Jalan menuju bandara adalah posisi yang strategis untuk tujuan ini, karena banyak orang setiap hari melewati jalan ini dan melihat billboard yang dipasang. Selain itu, billboard pasti dipasang tinggi-tinggi dengan ukuran besar, supaya banyak orang bisa melihat dengan jelas. Perusahaan iklan biasanya memilih titik-titik yang strategis untuk menempatkan billboard. Mereka juga akan menempatkan gambar serta kata-kata yang besar, menarik perhatian dan mudah dilihat. Semua hal “kecil” ini menjadi kunci keberhasilan tujuan pemasangan sebuah billboard.

Hidup kita sebenarnya mirip dengan billboard. Hidap kita bukan hanya berisi bekerja, memiliki keluarga atau melakukan berbagai kegiatan saja. Hdup kita sesungguhnya adalah media promosi kasih Tuhan kepada manusia. Tuhan mau agar hidup kita menjadi sebuah billboard yang efektif mengenai diriNya sendiri: mengenai kasihNya, kuasaNya, hikmatNya, dan segala tentangNya.

Demi mewujudkan kerinduanNya itu, Tuhan menempatkan kita di posisi yang strategis, dengan berbagai gambar dan “kata-kata” kisah kesaksian yang tepat, agar banyak orang bisa melihat kasihNya dan diriNya melalui hidup kita. Kita bisa berbuat baik atau mencapai hal-hal yang hebat, tapi kebaikan dan pencapaian itu harus menjadi kesaksian tentang Tuhan, bukan tentang diri kita sendiri. Semua yang ada pada diri dan hidup kita itu seharusnya menjadi terang yang menarik perhatian orang lain, sehingga mereka memuliakan Tuhan.

Seperti halnya billboard, semakin besar dan strategis posisi kita, semakin besar juga seharusnya pengaruh kita untuk menjadi berkat dan kesaksian bagi orang lain. Warna kehidupan yang kita pancarkan seharusnya menjadi semakin jelas: warna indah sukacita dan damai sejahtera Tuhan sendiri. Menjadi seorang pemimpin di perusahaan atau di dalam komunitas, memiliki banyak berkat dan kenyamanan hidup, berarti harus menjadi berkat dan kesaksian bagi setiap orang yang melihat hidup kita. Ini bukan berarti bahwa jika posisi kita tampak “biasa” saja saat ini (staf atau sebagai ibu rumah tangga, sebagai mahasiswa, atau apa pun),  kita tidak dapat menghasilkan pengaruh yang besar. Ingat, Tuhan telah menempatkan kita di posisi strategis dan memperlengkapi diri kita dengan gambar dan kisah tentang Dia sendiri. Di mata Tuhan, semua posisi kita adalah strategis. Lagipula, hidup ini bukanlah semata-mata tentang kita, tapi hidup ini adalah tentang cinta Tuhan kepada kita dan kepada mereka yang saat ini belum mengenal cintaNya. Karena itu, semuanya harus dikembalikan kepada Dia yang memberi segalanya dalam hidup kita. Kiranya Tuhan memberkati billboard hidup Anda.

“Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.” (Mat. 5:16)

2019-10-17T14:56:50+07:00