//CINTA INDONESIA

CINTA INDONESIA

Nah…ini dia yang seringkali jadi pembelaan diri para orang tua yang lebih bangga melihat anaknya lebih fasih berbahasa asing daripada berbahasa Indonesia atau lebih bangga kalau menceritakan pemandangan luar negeri daripada keindahan alam Indonesia.

 

Tapi tahukah anda bahwa jika diteruskan ketiadaan Cinta Indonesia atas anak anda, maka akan menuai 3 KESULITAN di bawah ini:

1.Kesulitan untuk Bersyukur “menjadi orang Indonesia”
Membentuk lidah (selera makan), telinga (selera musik), mata (selera busana) anak hanya untuk produk-produk luar negeri pada akhirnya akan membuat kesulitan sendiri di masa depan. Karena anak kita pada kenyataan biasanya dalam perjalanan hidupnya sampai ia dewasa akan lebih banyak berurusan dengan produk-produk dalam negeri (kecuali kalau sudah menetap di luar negeri) daripada produk luar negeri, maka akan sulit baginya untuk selalu bersyukur dalam kehidupannya sehari-hari. Apa ruginya kalau tidak bersyukur? Reaksi dan sikap yang terbentuk sehari-hari adalah sikap yang selalu mengeluh dan serba menuntut juga dalam pergaulannya nanti anak kita akan dipandang sebagai anak yang sombong oleh teman-temannya.

2.Kesulitan untuk Bangga “menjadi orang Indonesia”
Kita tidak akan pernah dapat membanggakan sesuatu yang keberadaannya tidak masuk dalam hitungan (bukanlah sesuatu yang istimewa) bagi hidup kita. Kalau anak kita tidak pernah diajar tentang perlunya bersyukur kepada Tuhan atas bangsa Indonesia, tentulah ia tidak akan pernah dapat bangga dengan segala hal yang selama ini dinikmatinya di negeri ini. Dampaknya, ini akan sangat merusak kepercayaan diri anak kita; karena biar bagaimanapun ia adalah anak Indonesia, padahal ia tidak sanggup berbangga dengannya (“malu abiz… dengan Indonesia dibandingkan Amerika atau negara besar lainnya”).

Jika dibiarkan terus, maka anak kita akan selalu berusaha menjadi seperti orang dari negara yang dibanggakannya; misalnya: anak kita tidak bisa bersyukur dengan makanan asli Indonesia yang digemari hanyalah hamburger dan segala jenis “junk food” dari Amerika. Maka ia akan lebih bangga kalau bisa memiliki rambut dengan gaya dan warna seperti orang Amerika (negara asal “junk food” yang digemari). Dan anak kita akan kehilangan identitas bangsanya, kalau dilihat dari wajah orang Indonesia tapi kelakukan dan cara bicara “western” sekali. Ooo..tapi mungkin anda mengatakan itu tidak apa-apa; tapi coba simak baik-baik Kesulitan yang ketiga ini…

3.Kesulitan untuk “menjadi orang Indonesia” yang dipakai TUHAN
Mengapa demikian? Karena hanya orang-orang yang mengerti hati Tuhan bagi bangsa Indonesialah yang akan dipakai dalam Kebangunan Rohani Terbesar yang pernah terjadi di bangsa ini.
Orang yang hanya mementingkan kegemarannya sendiri (kegemaran menikmati semua produk yang berlabel “made in luar negeri”) tidak akan pernah punya waktu untuk mengerti hati Tuhan bagi bangsa ini. Tapi bukankah nanti saja, kalau anak saya sudah menjadi orang dewasa baru belajar mengerti hati Tuhan?

Pertanyaannya:
Siapakah yang memiliki hak untuk menentukan masa depan anak kita? Kita sebagai orang tua atau DIA yang adalah pencipta atas segalanya? Anak-anak adalah PusakaNYA Allah, hanya Allah yang tahu kapan IA hendak menggunakan PusakaNYA tersebut untuk rencanaNYA.

Jadi apa yang dapat saya lakukan supaya anak saya CINTA INDONESIA?
1.Berikan waktu bersama di hari kemerdekaan 17 Agustus
Untuk menceritakan secara singkat betapa Allah mengasihi bangsa Indonesia, karena sekalipun sudah dijajah selama 424 tahun oleh Portugis, Inggris, Belanda dan Jepang; tapi bisa merdeka oleh karena pertolongan Tuhan.
Untuk berdoa bersama, bersyukur untuk kemerdekaan Indonesia yang ke 67 dan mendoakan supaya Tuhan memberikan hikmat dan hati yang takut akan Allah bagi presiden dan seluruh pemimpin bangsa ini

2.Ajaklah untuk makan bersama salah satu makanan khas Indonesia yang disukai oleh si anak dan ceritakan bahwa di Indonesia ada ratusan jenis makanan seperti ini di seluruh daerah Indonesia.

3.Rencanakanlah liburan di waktu berikutnya untuk berkunjung ke tempat wisata yang ada di Indonesia.

4.Perkenalkanlah berbagai budaya Indonesia dengan mengajaknya melihat busana daerah, tari-tarian daerah dan buku tentang keindahan alam Indonesia.

2019-09-29T07:36:53+00:00