///Dipimpin oleh Roh

Dipimpin oleh Roh

Image

DIPIMPIN ROH ADALAH KUNCI KEDEWASAAN
Ada seorang penunggang kuda bernama Nahor Kause dari pedalaman Timor. Setiap kali berburu sapi liar, ia akan memacu kudanya secepat-cepatnya, sehingga buruannya akan segera tertangkap tanpa menyita banyak waktu. Meskipun kudanya berlari dengan kencang, namun Nahor mengendalikan kuda tersebut hanya dengan tali kekang yang dipasang di mulut kuda. Jika tali kekang dilonggarkan sambil memukul pantat kuda dengan rotan, maka kuda akan berlari sekencang-kencangnya.
Tetapi, jika ada lubang besar di jalan, ia segera menarik kekang di mulut kuda, sehingga kudanya akan berhenti seketika. Jikalau kudanya berhenti seketika saat kekang ditarik, maka kuda tersebut disebut sebagai kuda dewasa. Sedangkan kuda yang masih muda akan tetap berlari meskipun kekangnya telah ditarik keras.

Hal yang sama juga terjadi dengan orang yang dipimpin Roh Kudus. Orang yang dipimpin Roh Kudus adalah kunci kedewasaan rohaninya. Daud berkata, “Janganlah seperti kuda atau bagal yang tidak berakal, yang kegarangannya harus dikendalikan dengan tali les dan kekang, kalau tidak, ia tidak akan mendekati engkau,”(Mazmur 32:9).
Untuk itu, Paulus memberi nasihat kepada kita untuk menjadi dewasa rohani lewat pimpinan Roh Kudus. Kata Paulus, “Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup. Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah. Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: "ya Abba, ya Bapa!" Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah,”(Roma 8:13-16). Jikalau kita dipimpin oleh keinginan daging kita, maka kita tidak akan pernah dewasa, sebab orang yang dipimpin oleh Roh Kuduslah yang akan menjadi dewasa rohaninya. Mari, kita membiarkan Roh Kudus memimpin hidup kita agar dapat menjadi dewasa dan menggenapkan semua janji-janji Allah.

2007-08-20T03:19:29+00:00