///Firman yang tak pernah berubah

Firman yang tak pernah berubah

Kita tahu bahwa dunia dan segala isinya mengalami perubahan dari waktu ke waktu yang terus berjalan; dan hidup kita di dunia ini pun tidak luput dari perubahan demi perubahan yang ada. Banyak orang meyakini ucapan “satu-satunya yang kekal dan tak pernah berubah di dunia ini ialah perubahan itu sendiri”. Namun, sebenarnya ucapan ini tidak sepenuhnya benar. Satu-satunya hal yang kekal dan tak pernah berubah sesungguhnya ialah Firman Allah.
Sebagai anak-anak Allah, seharusnya kita hidup tanpa dipengaruhi dan ditentukan oleh segala perubahan yang terjadi di sekeliling kita. Yang seharusnya mengemudikan arah perubahan hidup kita masing-masing ialah Roh Allah, melalui Firman-Nya yang hidup, tak berubah, dan kekal di dalam diri kita. Mengapa demikian? Bisakah kita berpegang dengan yakin pada kebenaran ini?

Kebenaran dan kuasa Firman Allah itu kekal, tidak pernah berubah dan tetap sama sampai selama-lamanya;

…karena Firman itu adalah Allah sendiri — “Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.”
(Yoh. 1:1-2)

… karena Firman itu adalah Allah yang telah menjadikan segala sesuatu — “Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.” (Yoh. 1:3)

…karena di dalam Firman itu ada hidup yang menjadi terang kita, yang tidak bisa dikuasai oleh kegelapan — “Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.” (Yoh. 1:4-5)

 

Mari, janganlah kita menjadi takut melihat segala perubahan yang ada di dunia ini. Kita justru harus berpegang kepada sesuatu yang teguh dan kekal tak berubah dalam kesempurnaannya, yaitu Firman Allah, yang adalah Allah sendiri. Ketika terjadi perubahan di sekeliling kita yang bisa saja mengancam atau mengguncang hidup kita, Firman membuat hidup kita bukan saja memiliki daya tahan terhadap ancaman dan guncangan itu tetapi juga menjadikan kita jawaban bagi banyak orang lain di dunia ini. Inilah kebenaran Firman Allah itu sendiri, yang tidak akan pernah berubah selama-lamanya.

2019-09-27T11:48:28+07:00