//Hidup Untuk Kristus

Hidup Untuk Kristus

HIDUP UNTUK KRISTUS

Hadiah Nobel untuk perdamaian tahun 1935 telah diberikan kepada Albert Schweitzer, seorang Jerman yang dikenal sebagai seorang filsuf, pendeta, teolog, musikus, guru, penginjil, dokter dan humanis.

Albert dilahirkan pada tahun 1875 sebagai putra seorang pendeta di daerah Elzas. Selama belajar dari SD sampai SMA, ia selalu menjadi murid terpandai. Ia secara khusus menaruh minat pada mata pelajaran musik dan sejarah. Tetapi pada masa kanak-kanak Albert mempunyai pribadi yang sederhana dan menjauhkan diri dari segala macam kemewahan hidup. Ia seringkali menolak memakai sepatu kulit ke sekolah karena melihat banyak temannya yang miskin dan tidak mampu membeli sepatu untuk sekolah. Bahkan ia pernah menolak untuk makan sup karena ia juga melihat kawan-kawannya banyak yang terlalu miskin untuk bisa makan sup. Setamat SMA ia belajar filsafat dan teologi. Disinilah kepandaiannya mulai menonjol sehingga dengan gemilang ia memperoleh gelar doktor.

Image

Albert Schweitzer

Kemudian ia menjadi seorang pendeta di Strassbourg dan pada usia 27 tahun diangkat menjadi guru besar di universitas tersebut. Sementara itu, karyanya sebagai musikus jauh lebih maju daripada kariernya sebagai pendeta dan guru besar. Keahliannya telah membuatnya termasyur sehingga ia sering berkeliling untuk mengadakan konser musik dan ceramah-ceramah. Tetapi, semua kesuksesan, kemasyuran, dan kekayaan yang diperolehnya itu belum memuaskan batinnya dan jiwanya.
Suatu hari Albert membaca sebuah majalah rohani yang meminta perhatian akan keadaan di Afrika. Beribu-ribu orang telah mati akibat penyakit malaria. Albert tergerak hatinya untuk memenuhi kekurangan tenaga medis disana. Tapi karena ia bukan dokter, maka pada usia 31 tahun, ia memutuskan untuk kuliah di fakultas kedokteran. Kemudian ia lulus dan menjadi dokter dan memutuskan pergi ke rimba Afrika untuk melayani orang-orang yang menderita di daerah itu.

2019-09-24T17:16:39+00:00