Kekuatan Baru

Beberapa bulan terakhir ini, para game mania atau penggemar permainan digital heboh dengan aplikasi permainan baru yang disebut Pokemon GO.  Bahkan, banyak orang yang semula tidak pernah menggemari permainan digital akhirnya tertarik memainkan Pokemon GO. Alhasil, Pokemon GO menjadi trending topic di banyak negara di kalangan hampir semua generasi.

Permainan ini menjadi fenomenal perkembangannya karena konsepnya diciptakan “melawan arus”. Pada umumnya permainan digital mengajak pemainnya untuk bermain di depan komputer atau dengan gadget pribadinya. Akibatnya, pemain hanya terpaku di dalam rumah dan dengan dirinya sendiri karena asyik dengan permainan digital itu. Berbeda dari hal itu, dengan konsep permainan yang dikembangkan dalam Pokemon GO, pemain diajak memburu monster Pokemon yang tersebar di berbagai tempat sehingga tidak terpaku bermain di rumah saja tanpa keluar. Pemain harus mengejar monster menggunakan gadget, lalu menangkap, mengumpulkan, dan kemudian melatih monster-monster itu.

Di negara asalnya Amerika Serikat, Pokemon GO menjadi laris karena banyak pengguna yang dipaksa berjalan dan berlari untuk memburu monster Pokemon. Hati mereka sesaat merasa senang dan puas, tetapi secara fisik mereka menjadi lelah setelah memburu monster Pokemon. Beberapa media besar bahkan memberitakan kejadian-kejadian aneh yang terjadi pada para pemain Pokemon GO. Karena terlalu bersemangat mencari dan mengejar Pokemon, mereka sering kali kurang waspada hingga mengalami kecelakaan.

Seorang pecinta game sering kali lupa waktu dan tidak memperhatikan dirinya hanya karena sedang asyik bermain game. Pemain semacam ini mampu bermain berjam-jam karena kecintaannya pada game favorit, padahal pada akhirnya dia akan mengalami keletihan karena jiwanya tidak pernah mendapatkan kepuasan sejati. Anak saya sendiri pernah mencoba permainan ini, namun setelah mendapatkan penjelasan dan pengertian tentang Pokemon GO akhirnya dia memutuskan untuk tidak mau bermain lagi. Dia berpendapat bahwa akhirnya permainan ini membosankan dan melelahkan.

Terlepas dari pro kontra Pokemon GO yang ada saat ini, saya melihat bahwa semangat pengguna Pokemon GO itu perlu ada pada orang percaya. Semangat inilah yang senantiasa menghasilkan kekuatan baru. Sebagai orang percaya, bukan monster Pokemon yang kita cari, tetapi Tuhan dan semua kebenaran firmanNya.

Sebagai anak Tuhan, orang percaya sebenarnya tahu di mana Tuhan berada, karena firmanNya mengatakan bahwa siapa yang mencari pasti akan mendapatkan; siapa yang mengetuk pintu baginya pintu akan dibukakan. Namun justru karena kesibukan dunia, banyak anak Tuhan yang sudah terlalu letih untuk mencari Tuhan dan firmanNya. Fenomena ini memprihatinkan, karena seolah-olah Tuhan sulit dicari dan telah jauh dari hidup orang percaya.

Kita adalah anak-anak Tuhan, yang diciptakan untuk mencintai Tuhan dan FirmanNya. Kalau saja kita bisa asyik mencari Tuhan dan kebenaran firmanNya setiap saat, tentu senantiasa akan ada kekuatan baru yang kita alami. Ini terjadi karena kepuasan dalam mencari Tuhan akan mendatangkan kepuasan jiwa dan roh yang sejati dan abadi. Kita pun bisa mengalami hal ini kalau telah melepaskan hal-hal yang selama ini dipegang sebagai kepuasan dunia, lalu mulai mencari kepuasan yang sejati dan kekal dari Tuhan. Ketika kita hanya mencari kepuasan yang kekal dari Tuhan, kepuasan yang ditawarkan dunia pasti menjadi tidak menarik lagi.

Hal lain yang patut kita pelajari adalah bahwa ketika kita mencari dan  menantikan Tuhan, akan ada pengharapan baru buat kita. Ketika lemah karena banyak beban hidup dalam bentuk masalah penyakit, keuangan, pekerjaan/bisnis, atau hubungan, kita hanya perlu mencari dan menantikan Tuhan. Lewat pencarian yang aktif akan hadirat Tuhan, kita pasti akan mendapat kekuatan dan pengharapan baru.

Tidak seperti anak saya atau pemain Pokemon GO yang pada akhirnya akan menjadi letih dan bosan menanti dan berburu Pokemon, kita orang percaya akan mendapat kekuatan baru ketika menantikan Tuhan. Tinggalkan semua kesibukan dunia yang membuat kita jauh dari Tuhan, dan utamakan mencari Tuhan dalam hidup kita. Mari kita nantikan Tuhan dan rasakan kekuatan baru buat hidup kita. Haleluya!

“Tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.” (Yesaya 40:31)

(HTa)

2019-10-17T13:06:14+07:00