//Kerendahan Hati

Kerendahan Hati

Kerendahan hati

Booker T. Washington, seorang kulit hitam yang menjadi pendidik terkenal di Institute Tukegee merupakan orang yang terkenal dengan kerendahan hatinya. Tidak lama setelah ia menjabat sebagai presiden dari Institute di Alabama, ia berjalan-jalan di pinggir kota. ImageSeorang wanita kulit putih tiba-tiba menghentikannya. Karena tidak mengenal Washington, maka wanita yang kaya ini lalu menawarkan kepada laki-laki kulit hitam itu apakah ia mau mendapatkan uang dengan memotong kayu untuknya. Setelah berpikir bahwa tidak ada urusan yang mendesak, maka profesor Washington tersenyum dan menggulung bajunya dan mulai mengerjakan pekerjaan kasar yang diminta.

Setelah selesai, ia membawa kayu-kayu itu kedalam rumah dan meletakkannya didekat perapian. Seorang gadis kecil mengenalinya dan kemudian memberitahu wanita itu. Keesokan harinya, wanita tadi dengan perasaan malu datang ke kantor Washington dan meminta maaf.

“Tidak apa-apa bu,” jawabnya, “adakalanya saya menyukai pekerjaan kasar, disamping itu sungguh menyenangkan dapat menolong seorang teman.”

Wanita tadi dengan hangat lalu menjabat tangan Washington dan memberikan pujian atas prilakunya yang sangat rendah hati. Beberapa waktu kemudian wanita tadi menyatakan pernghormatannya dengan ikut menyumbang beribu-ribu dolar untuk Institute Tukegee.

Sumber: Secangkir Sup bagi jiwa anda #5

2019-09-26T08:02:03+00:00