//Kitab Yesaya (Bag. 2)

Kitab Yesaya (Bag. 2)

Ada tiga sub-bagian dalam kitab Yesaya bagian kedua ini, dan masing-masing sub-bagian memberi pesan dan janji kepada umat Tuhan yang setia lalu berakhir dengan pesan khusus tentang hukuman Allah atas orang jahat yang memberontak kepadaNya.

Yesaya 40-48 memberitakan kedatanganNya dengan penghiburan dan ditutup dengan, “‘Tidak ada damai sejahtera bagi orang-orang fasik,’ firman TUHAN.” (Yes. 48:22)

Yesaya 49-57 memberitakan kedatangan HambaNya, yaitu nubuatan tentang kedatangan Yesus pertama kali, dan selesai dengan, “‘Tidak ada damai sejahtera bagi orang-orang fasik itu,’ firman TUHAN.” (Yes. 57:21)

Yesaya 58-66 memberitakan bagaimana kita dapat mempersiapkan diri bagi kedatanganNya yang kedua kali dan berakhir dengan, “Mereka akan keluar dan akan memandangi bangkai orang-orang yang telah memberontak kepadaKu. Di situ ulat-ulatnya tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam, maka semuanya akan menjadi kengerian bagi segala yang hidup.” (Yes. 66:24)

 

Yesaya menulis nubuatan dalam pasal 40-66 pada masa 15 tahun terakhir hidupnya. Dia bernubuat tentang kebangkitan Babel sebagai kekuatan baru yang akan menyerang Yerusalem. Hal itu digenapi kira-kira 100 tahun sesudah kematiannya.

 

Tuhan datang dengan penghiburan: Yesaya 40-48

Yesaya dalam pasal 40 sampai 48 berulang kali menggambarkan Tuhan sebagai Pencipta. Tuhan Allah-lah yang menakar air laut, mengukur langit, menyukat debu tanah dan menimbang gunung-gunung (Yes. 40:12). Dia duduk di atas bulatan bumi, membentangkan langit dan menyuruh segala bintang keluar (Yes. 40:21-26). Dia menciptakan langit dan menghamparkan bumi dengan segala yang tumbuh di atasnya (Yes. 42:5). Dia menciptakan dan membentuk bangsa Israel bagi kemuliaanNya (Yes. 43:1, 7, 15). Dia menjadikan segala sesuatu (Yes. 44:24), menjadikan bumi dan manusia di atasnya (Yes. 44:11, 18). Dia menciptakan langit dan membentuk bumi (Yes. 45:18). Memang tanganNyalah yang meletakkan dasar bumi dan membentangkan langit (Yes. 48:13).

Juga, dalam Yesaya 40-48 ada banyak nubuatan tentang kedatangan Tuhan, yang bernubuat tentang kedatangan pribadi Yesus. Ia datang sebagai Gembala (Yes. 40:11), sebagai Dia yang dari timur yang menaklukkan bangsa-bangsa (Yes. 41:2), sebagai Dia yang dari utara yang menginjak-injak penguasa-penguasa (Yes. 41:25), sebagai Hamba Allah yang ditaruh Roh Allah ke atasnya (Yes. 42:1), sebagai Pahlawan yang keluar berperang (Yes. 42:13), sebagai Juruselamat (Yes. 42:3, 11, 25), sebagai yang terdahulu dan yang terkemudian (Yes. 44:6), sebagai Penebus (Yes. 44:22, 24), sebagai Gembala sekaligus Raja yang membangun Yerusalem (Yes. 44:28). Semua ayat ini dengan jelas merujuk kepada Yesus Kristus Tuhan kita.

Kita juga membaca di dalam pasal 40-48 tentang Roh Allah. Tidak ada yang lain yang mengatur atau memberi nasihat kepada Roh Tuhan, karena Dialah Allah sendiri (Yes. 40:13). Roh Tuhan ada di atas Hamba Allah yang berkenan kepadaNya (Yes. 42:1). RohNya akan dicurahkan kepada keturunan dan anak cucu Israel (Yes. 44:3). Hamba Allah akan diutus dengan RohNya (Yes. 48:16). Di sini kita melihat sebagian dari rahasia pekerjaan dan pencurahan Roh Kudus atas Yesus dan atas jemaatNya. Kebenaran ini dinyatakan dengan lebih jelas dalam Perjanjian Baru, namun sudah diungkap dalam kitab Yesaya.

Ketritunggalan Allah pun sangat nyata dalam Yesaya 48:16. “Mendekatlah kepadaKu, dengarlah ini: Dari dahulu tidak pernah Aku berkata dengan sembunyi dan pada waktu hal itu terjadi Aku ada di situ. Dan sekarang, Tuhan Allah mengutus aku dengan RohNya.” Apa yang dikatakan di sini? Ada Tuhan Allah. Ada Tuhan yang adalah “Aku”, yaitu Firman Allah. Ada Roh Tuhan. Demikianlah rahasia Allah tritunggal “disembunyikan” dalam Perjanjian Lama.

 

Tuhan datang sebagai Hamba:Yesaya 49-57

Dalam sub-bagian ini kita dapat membaca tentang Hamba Tuhan. Dialah yang dipanggil oleh Tuhan, yang dibentuk olehNya untuk mengembalikan Israel kepada diriNya dan menjadi terang bagi bangsa-bangsa dan keselamatan sampai ujung bumi. (Yes. 49:1-6).

Hamba itu adalah Penebus yang dihinakan orang, menjadi kejijikan bangsa-bangsa, tetapi sebenarnya adalah Yang Mahakudus Allah Israel. Hamba itu membuka telinga untuk mendengar, memberi punggungNya kepada orang-orang yang memukuliNya, pipiNya kepada orang yang mencabut janggutNya, dan mukaNya kepada yang menodai dan meludahiNya. Dengan sangat jelas digambarkan bagi kita, Yesus dalam sifat kelemah-lembutNya (Yes. 50:4-7).

Walaupun sangat menderita dan tertolak, Hamba itu akan berhasil. Dia akan ditinggikan, disanjung, dan dipermuliakan. Namun sebelum itu, Dia akan menjadi begitu buruk, rupanya bukan seperti manusia lagi, dihina dan dihindari, penuh kesengsaraan dan kesakitan. Dia akan menanggung penyakit kita, tertikam oleh karena pemberontakan kita, diremukkan karena kejahatan kita, dan oleh bilur-bilurNya kita akan sembuh. Dia tidak membuka mulutNya untuk membenarkan diri. Dia mati berdampingan dengan penjahat. Dia menyerahkan diriNya sebagai korban penebus salah, tetapi membenarkan banyak orang dengan memikul kejahatannya. Semuanya itu digenapi waktu Yesus dikorbankan di atas kayu salib. Inilah inti pemberitaan Yesaya. Inilah inti pemberitaan Injil (Yes. 52:13- 53:12).

HambaNya menjadi saksi bagi bangsa-bangsa, juga menjadi seorang raja dan pemerintah bagi suku-suku bangsa (Yes. 55:4). Dialah Yang Mahatinggi dan Yang Mahamulia, yang juga bersama-sama dengan orang yang remuk dan rendah hati. FirmanNya akan melaksanakan kehendakNya, menggenapi maksudNya yang abadi (Yes. 54).

Dalam Yesaya 55 sampai 57, ada panggilan untuk kembali kepada Tuhan dan menerima janjiNya. Ada seruan kepada yang haus dan yang miskin untuk datang kepada Tuhan. Tuhan berjanji akan mengikat perjanjian abadi dengan umatNya, sama seperti janjiNya kepada Daud. Bangsa-bangsa lain pun juga akan berlari dan bergabung dengan umat Tuhan. Karena itu, carilah Tuhan! Kembalilah kepadaNya! Rancangan dan jalan Tuhan jauh lebih tinggi dari rancangan dan jalan manusia. Sungguh, FirmanNya pasti akan digenapi (Yes. 55).

Keselamatan dan keadilan Tuhan akan dinyatakan. Bahkan orang asing dan orang kebiri yang memilih kehendak Allah dan berpegang kepada janjiNya pun juga akan diberikan tempat dalam rumah Tuhan. Rumah Tuhan akan disebut rumah doa bagi segala bangsa. Hanya pemimpin-pemimpin yang fasiklah yang akan binasa (Yes. 56).

Anak-anak perempuan-perempuan sihir, orang berzinah, perempuan sundal, pemeberontak dan pendusta adalah penyembah berhala yang tidak mengikut Tuhan Hanya orang yang berlindung kepada Tuhan akan menjadi ahli warisNya. Tuhan tinggal dengan orang yang remuk dan rendah hati. Orang berdosa yang bertobat akan dihajar, tetapi juga disembuhkan dan dipulihkan. Hanya bagi orang-orang fasiklah tidak akan ada damai (Yes. 57).

 

Tuhan datang dengan hukuman: Yesaya 58-66

Pasal-pasal ini membicarakan persiapan yang harus diadakan sebelum kedatangan Tuhan dan bagaimana caranya Ia akan datang ke dalam dunia ini pada kedua kalinya. Dia datang untuk menghukum orang jahat dan untuk menyelamatkan serta membenarkan umatNya yang benar.

 

a. Bersiaplah dengan puasa!: Yesaya 58

Tuhan menunjukkan bahwa puasa bangsa Israel telah lama salah kaprah. Mereka berpuasa tetapi tetap mengadakan perbantahan, perkelahian, dan kejahatan. Sangat jelas bahwa Tuhan tidak mencari orang yang memenuhi syariat agamawi, tetapi Dia mencari orang dengan hati yang murni, penuh dengan keadilan dan kebenaran. Hanya itulah yang membuat orang berkenan kepada Tuhan. Tujuan puasa yang benar itu adalah untuk membawa kelepasan dari kelaliman dan aniaya, dan untuk menolong orang kelaparan, yang miskin, dan yang telanjang. Dengan berpuasa seperti itulah, Tuhan akan memberi kita terang, kepuasan, pembaharuan kekuatan, dan kemenangan (Yes. 58:1-14).

 

b. Bersiaplah dengan bertobat!: Yesaya 59

Karena dosa memisahkan manusia dari Allah, kita dipanggil untuk bertobat dan meninggalkan kejahatan serta ketidakadilan. Kita dipanggil untuk mengakui keadaan kita yang penuh dengan kegelapan, kesesatan, tersandung, dan jauh dari Tuhan. Tuhan menyatakan bahwa Dia sendirilah yang akan bangkit menjadi pembela, penolong, dan pembawa keadilan serta keselamatan untuk umat yang benar. Tuhan jugalah yang akan membawa pembalasan atas musuh. Tuhan akan datang seperti arus yang deras, sebagai Penebus bagi Sion yang akan meneguhkan perjanjianNya (Yes. 59).

 

c. Bersiaplah dengan menyinarkan terang!: Yesaya 60

Pada akhir zaman, kegelapan akan menutupi bumi. Di tengah kegelapan itu, Tuhan akan bangkit atas umatNya dan mereka akan bercahaya dengan kemuliaanNya. Bangsa-bangsa akan datang kepada terang. Bahkan bangsa-bangsa dari Timur Tengah juga datang, supaya rumah Tuhan penuh dengan keagungan. Sion akan menjadi kota Tuhan yang penuh dengan damai. Sion menggambarkan Jemaat Tuhan, yang akan dipermuliakan pada akhir zaman, dan orang dari segala suku, kaum, bahasa dan bangsa akan bergabung ke dalamnya (Yes. 60).

 

d. Bersiaplah dengan memberitakan kabar baik!: Yesaya 61

Roh Tuhan mengurapi HambaNya (Yesus sendiri dan semua pengikutNya yang juga menjadi hamba-hambaNya) untuk membawa kabar baik, Injil keselamatan, kesembuhan, dan kelepasan bagi manusia. Tugas hamba-hamba ini adalah memberitakan Injil. Mereka akan menjadi imam Tuhan dan pelayan Allah. Pada akhirnya, akan ada sukacita yang besar karena keturunan Israel akan penuh dengan keselamatan dan kebenaran, menjadi seperti pengantin perempuan yang sempurna. Pemberitaan Injil akan membawa kebenaran dan puji-pujian di depan semua bangsa-bangsa (Yes. 61).

 

e. Bersiaplah dengan berdoa syafaat!: Yesaya 62

Sion akan penuh dengan keselamatan dan kebenaran. Sion menggambarkan Jemaat Tuhan, pengantin perempuan Kristus. Di atas tembok-temboknya akan ada pengintai, yaitu pendoa syafaat yang mengerti tanda-tanda zaman dan berseru kepada Tuhan siang-malam bagi umatNya (Yes. 62).

 

f. Tuhan akan datang dengan hukuman sekaligus keselamatan: Yesaya 63

Tuhan datang dari Edom. Ia mengirik bangsa-bangsa dalam murkaNya. Hari pembalasan telah tiba.  Namun untuk umatNya, hari itu adalah hari keselamatan. Di tengah segala kesesakan mereka, Tuhan sendiri akan campur tangan dan menyelamatkan serta menebus mereka dalam kasihNya. Walaupun kita memberontak dan mendukakan Roh KudusNya dan sepertinya Ia sendiri berperang melawan kita, namun sama seperti pada zaman Musa, Ia akan menjadi Gembala umatNya dan menaruh Roh KudusNya dalam hati mereka. Ia akan membelah air di hadapannya dan menuntun mereka melintasi samudera raya sampai tidak pernah akan tersandung.  UmatNya akan dibawa Roh Kudus ke tempat perhentian. Pasal ini berakhir dengan doa supaya Tuhan memang mengerjakan semuanya itu. Tentu itu perlu menjadi doa kita juga (Yes. 63).

 

g. Tuhan akan datang dengan guncangan: Yesaya 64

Ketika Tuhan turun, langit dan bumi akan diguncangkan dan bangsa-bangsa akan gemetar di hadapanNya. Inilah sesuatu yang tidak pernah didengar orang sejak dahulu kala! Walaupun kita sekalian seperti seorang najis dan segala kesalehan kita seperti kain kotor, Tuhanlah yang membentuk kita, dan kita sekalian adalah buatan tanganNya. Nabi Yesaya berdoa supaya Tuhan memandang kepada umatNya dan membela mereka (Yes. 64).

 

h. Tuhan akan datang dengan membawa langit dan bumi baru: Yesaya 65

Selanjutnya, akan berakhirlah segala kejahatan di antara umat Tuhan. Orang yang memberontak, yang mengikuti jalan sendiri, yang sombong, yang munafik, yang menyembah berhala, dan yang meninggalkan Tuhan, akan dibinasakan. Namun akan muncul orang-orang pilihan, ahli waris, yang akan bersukacita dalam langit dan bumi baru yang akan disediakan Allah. Di situlah tidak akan ada orang yang berbuat jahat atau yang berlaku busuk lagi (Yes. 65).

 

i. Tuhan akan datang dengan api: Yesaya 66

Tuhan datang bagi umatNya. Dia datang secara khusus kepada Bait Suci! Dia membalas kepada musuh-musuhNya, tetapi umatNya akan bersukacita dan bersorak. Keselamatan akan mengalir kepada mereka seperti sungai. UmatNya akan dihibur dan melihat tangan Tuhan. Tuhan akan datang dengan api yang membinasakan semua orang berdosa. Kemuliaan Tuhan akan diberitakan di antara bangsa-bangsa dan banyak yang akan bergabung kepadaNya menjadi imam-imam dan raja-raja di dalam langit dan bumi yang baru (Yes. 66).

2020-04-22T14:33:55+07:00