//Langkah Pemulihan Emosional

Langkah Pemulihan Emosional

4 Langkah Pemulihan Emosional Manusia

Hati yang luka sering kali melumpuhkan hidup seseorang, bukan hanya dalam jiwanya tapi juga pada tubuh dan bahkan mempengaruhi hubungan pribadinya dengan Tuhan. Berikut 4 langkah pemulihan  dari masalah emosional manusia:                 

Image

1. Temukan imajinasi/ kata-kata/ ingatan yang menimbulkan masalah emosional.
Situasi, orang maupun barang bukanlah penyebab masalah emosional manusia, tetapi bagaimana kita memandang situasi yang kita-lah yang menentukan emosi dalam diri kita. Imajinasi/ kata-kata/ ingatan yang buruk menjadi penyebab masalah emosional yang kita hadapi.

2. Akui imajinasi/ kata-kata/ ingatan tersebut di hadapan Tuhan dan manusia.
Setelah kita menemukannya, kita perlu mengakuinya di hadapan Tuhan dan manusia karena keterbukaan adalah awal dari pemulihan (Yak 5:16a). Tanpa kita mengakui dan menyadari bahwa itu adalah salah dan menjadi penghalang kita berhadapan dengan Tuhan, kita tidak akan pernah disembuhkan dari masalah emosional dalam hidup kita.

3. Alami Kristus (Kasih, kuasa dan Kebenaran-Nya).
Setelah kita mengakuinya, kita perlu menggantinya dengan kebenaran Firman Tuhan. Ijinkan Tuhan menggantinya melalui pengalaman baru, rhema dari kebenaran Firman Tuhan, pengalaman dalam komunitas dan doa dari orang lain.

4. Tunduk kepada Firman Tuhan.
Setelah  mengalami  Kristus, kita  perlu menjaganya dengan cara tunduk  pada   kebenaranNya  karena  itulah yang akan memerdekakan kita seutuhnya.  Rhema saja  tidaklah  cukup,  kita perlu  tinggal  dalam  kebenaran  yang  memerdekakan  hidup  kita.

2019-10-04T22:58:21+00:00