//LIFE RESPONSIBILITY

LIFE RESPONSIBILITY

Di satu sisi Anda tidak dapat mengetahui dengan pasti masa depan pekerjaan Anda.  Akan tetapi di sisi lain ada dorongan yang sangat besar untuk mencari teori-teori, teknik-teknik perencanaan, dan alat-alat ukur untuk berusaha menjamin masa depan pekerjaan Anda.  Di satu sisi Anda tidak dapat mengontrol sepenuhnya perkembangan karakter anak Anda.  Akan tetapi di sisi lain ada dorongan yang sangat besar untuk melindunginya dari berbagai macam bahaya yang telah Anda hadapi di masa lalu, yang mungkin juga akan menghantam hidupnya.  Di satu sisi Anda tidak dapat memastikan sampai kapan orang-orang yang Anda kasihi dapat terus bertahan hidup.  Akan tetapi di sisi lain Anda rela memberikan apapun untuk menjamin kelangsungan hidupnya.  Di satu sisi kita menyadari keterbatasan kuasa kita.  Akan tetapi di sisi lain kita tidak dapat berhenti untuk mencari cara mengontrol masa depan kita.

 

Manusia haus akan kontrol.  Kita bahkan cenderung mengabaikan Tuhan dan berusaha meraih kontrol atas hidup dengan kemampuan dan pengetahuan yang kita miliki.  Kisah dosa pertama di Kejadian 3 menunjukkan bahwa mempunyai kuasa seperti Tuhan yang dapat mengatur alam semesta ini adalah godaan terbesar bagi manusia.  Bahkan Yesus sebagai manusiapun digoda untuk mengontrol kesuksesan misinya ketika berpuasa selama 40 hari (Matius 4:8-9).

Saya menemukan beberapa langkah yang diajarkan di dalam Mazmur 37 sangat membantu saya dalam menghadapi berbagai kekhawatiran hidup.

Tetap lakukan tanggung jawab Anda

“Percayalah kepada TUHAN, dan lakukanlah yang baik, diamlah di negeri itu dan berlakulah setia.”(Mazmur 37:3)

Jangan diam dan membiarkan kekhawatiran menguasai mental dan semangat Anda.  Lawanlah suara-suara dan pikiran yang mengatakan: “Apa gunanya berdoa di saat seperti ini?” atau “Keadaanmu sudah tidak tertolong lagi.”

Percayalah kepada Tuhan.  Ia berkuasa mentransformasi kesulitan hidup Anda menjadi batu loncatan bagi kemuliaanNya.  Karena itu jangan biarkan kekhawatiran menghentikan hidup Anda.  Banyak orang tidak berhasil keluar dari kekhawatirannya bukan karena Tuhan tidak berkuasa mengubah situasi berat yang dialaminya, melainkan karena mereka menjadi lumpuh dan berhenti melakukan hal-hal yang menjadi tanggung jawab mereka.

Ia berkuasa dan mengerti kebutuhan Anda

“Carilah kebahagiaanmu kepada TUHAN, Ia akan memuaskan keinginan hatimu.” (Mazmur 37:4)

Jangan biarkan pengetahuan dan batas logika Anda membatasi cara keja Tuhan.  Lawanlah suara-suara dan pikiran yang mengatakan: “Tuhan tidak mengerti kebutuhanmu. Kamu harus memperjuangkan keberhasilan rencanamu sendiri.” atau “Lihatlah pengalaman orang-orang sukses. Mereka menciptakan kebahagiaan mereka sendiri.”

Tuhan mengerti kebutuhan Anda.  Ia berjanji akan memuaskan kebutuhan Anda.  Tidak ada suatu halpun yang dapat menghalanginya memelihara hidup Anda dan orang-orang yang Anda kasihi.

Bersabarlah dan evaluasi inner motivation Anda

“Serahkanlah hidupmu kepada TUHAN, berharaplah kepada-Nya, Ia akan menolongmu. Ia akan menyatakan kesetiaanmu seperti terang dan ketulusanmu seperti siang. Nantikanlah TUHAN dengan hati yang tenang, tunggulah dengan sabar sampai ia bertindak.” (Mazmur 37:5-7 BIMK)

Jangan biarkan kekhawatiran membuat Anda tergesa-gesa dan mengambil pilihan yang salah.  Lawanlah suara-suara dan pikiran yang mengatakan: “Alkitab itu hanya teori. Yang dibutuhkan sekarang adalah tindakan nyata.” atau “Tuhan tidak dapat membantumu. Ambil keputusanmu sendiri sekarang juga. Waktunya sudah sangat mendesak.”

Ia mengerti apa yang menjadi kebutuhan Anda.  Ia berkuasa untuk memberikannya kepada Anda pada waktu yang tepat.  Tidak ada yang dapat menghalangiNya untuk menjamin masa depan Anda.

Kontrol emosi Anda

“Jangan marah dan panas hati. Itu hanya membawa celaka.” (Mazmur 37:8)

Kendalikan emosi Anda dengan pikiran Anda.  Jangan biarkan kekhawatiran memanipulasi perasaan Anda.  Penuhi pikiran Anda dengan segala hal yang benar, mulia, adil, suci, sedap didengar, kebajikan, dan patut dipuji yang berasal dari Tuhan.

Proklamirkan kuasa Tuhan atas hidup Anda

“Perhatikanlah orang yang baik dan yang tulus hati; orang yang suka damai mempunyai masa depan. Tetapi orang berdosa akan dibinasakan; keturunan mereka akan dilenyapkan. TUHAN menyelamatkan orang saleh, dan melindungi mereka di waktu kesesakan. Ia menolong dan menyelamatkan mereka, dan meluputkan mereka dari orang-orang jahat, sebab mereka berlindung pada-Nya.” (Mazmur 37:37-40 BIMK)

Tidak cukup hanya dengan mengontrol emosi Anda dengan pikiran-pikiran yang dipenuhi dengan janji TUHAN.  Latihlah diri Anda untuk memproklamirkan kuasa Tuhan dalam hidup Anda.  Tuliskan ayat ini di sebuah pigura atau di handphone atau di laptop Anda.  Ucapkan ayat ini dengan lantang ketika rasa khawatir mulai membuat Anda meragukan kuasa Tuhan di dalam hidup Anda.

 

Kesimpulan

Rasa khawatir adalah penghalang terbesar bagi setiap orang untuk mempunyai hidup yang berkemenangan.  Iblis memakai rasa khawatir untuk memperbesar rasa haus kita akan kontrol dan meragukan kedaulatan kuasa Tuhan.  Serangan iblis yang satu ini tidak dapat dilawan hanya dengan diam dan berdoa.  Karena itu latihlah diri Anda untuk melakukan apa yang Alkitab ajarkan melalui Mazmur 37 ini:

 

  • Aktifkan tubuh Anda dengan tetap melakukan apa yang menjadi tanggung jawab Anda.
  • Ingatkan diri Anda  bahwa TUHAN berkuasa dan mengerti kebutuhan Anda.
  • Bersabarlah dan evaluasi inner motivation Anda.
  • Kontrol emosi Anda dengan pikiran-pikiran yang dipenuhi dengan janji Tuhan.
  • Proklamirkan kuasa Tuhan atas hidup Anda.

 

(DR.  Jakoep Ezra )

 

 

2019-10-03T23:23:54+00:00