///Mendaki gunung Sinai

Mendaki gunung Sinai

Aktivitas mendaki Gunung Sinai adalah salah satu aktivitas yang dilakukan dalam hampir setiap perjalanan ziarah ke Tanah Perjanjian, Israel. Dalam kesempatan akhir tahun kemarin, saya dan istri juga mendapat kesempatan mendaki Gunung Sinai, di wilayah Mesir, sebagai gambaran tentang kisah Gunung Sinai yang sebenarnya di Alkitab.

Pendakian ke Gunung Sinai bisa dilakukan dengan jalan kaki atau menaiki unta untuk sampai ke pos pertama. Saya dan istri memilih naik unta, dan beberapa teman lain memilih untuk berjalan. Ada keraguan dalam pikiran saya pada teman-teman yang berjalan kaki bahwa mereka akan tidak berhasil mencapai puncak. Menurut pandangan saya, medan pendakian ini relatif berat. Namun ternyata pikiran saya salah, semua teman yang berjalan ternyata berhasil mencapai puncak. Hanya beberapa orang saja yang tidak berhasil mencapai puncak. Teman-teman ini ternyata berjalan dengan keyakinan bahwa mereka mampu melakukannya hingga sampai ke puncak Gunung Sinai, berbeda dengan pikiran saya yang didasari oleh penglihatan kondisi pendakian yang sulit ditambah suhu udara yang dingin.

Perbedaan cara pandang ini persis dengan yang terjadi dalam perjalanan hidup kita. Kondisi hidup kita bisa terlihat sulit seperti pendakian Gunung Sinai. Kita sering mendengar, melihat, dan merasakan apa yang disampaikan oleh dunia, yang berkata bahwa kita tidak akan sanggup. Akhirnya, kita hanya berjalan dengan penglihatan dunia bukan dengan iman. Sayangnya, berjalan dengan penglihatan dunia tidak akan membuat kita sampai pada tujuan hidup.

Sebagai anak Tuhan, ketika kita sudah mengalami perjumpaan denganNya, ada iman yang membuat kita percaya akan penyertaan Tuhan dalam hidup kita. Kita tahu ada janji pemeliharaan Tuhan yang sempurna dalam hidup kita, dan karena itu kita bisa dan harus berjalan dengan iman.

Kesimpulannya, tidak perlu khawatir tentang apa pun juga. Dia adalah Allah yang Maha Besar. Mari berjalan melewati hari-hari di tahun 2017 ini dengan iman. Terpujilah nama Tuhan!

“For we walk by faith, not by sight.” (2 Cor. 5:7)

2019-10-17T12:11:41+07:00