///Mulai dengan Firman Tuhan

Mulai dengan Firman Tuhan

Tahun baru sering identik dengan perayaan dan keramaian. Hampir seluruh orang di segala penjuru dunia merayakan datangnya tahun baru. Pesta-pesta kembang api digelar di berbagai sudut kota untuk menunjukkan keceriaan menyambut datangnya tahun baru, dan orang berbondong-bondong datang dengan penuh semangat untuk menyaksikan dan bersukaria. Suasana penuh dengan keramaian dan hiruk pikuk. Lalu, di tengah-tengah semuanya, menjelang dan tepat pada pergantian tahun, setiap orang biasanya menyelipkan ucapan atau doa berisi harapan tentang rencana yang telah disusun dan akhirnya meninggalkan pesta dengan perasaan siap menyambut datangnya tahun baru dengan semangat yang baru.

 

Sebagai anak Tuhan, kita bukan sekadar ikut bersukacita atas datangnya tahun yang baru. Lebih dari itu, kita harus mengerti bahwa akan ada penyertaan Tuhan dalam setiap jam dan hari-hari yang akan kita lewati dalam tahun 2019 ini.

Di tahun yang lalu kita telah berhasil melewati banyak hal, menghasilkan banyak pencapaian, dan mengalami serta menyalurkan berkat-berkat yang luar biasa; itu semua karena kemurahan Tuhan dalam hidup kita. Meski mungkin kita telah melewati banyak kesulitan hidup, kita bersyukur karena ada Firman Tuhan, yaitu kebenaran yang kita hidupi yang memampukan kita mengatasi kesulitan tersebut.

 

Mari kita kini memandang tahun yang baru ini. Hidup kita sepenuhnya ada di dalam kehendak Tuhan. Kunci kesanggupan kita untuk bertahan dan menang bukanlah situasi atau kondisi yang kita hadapi di tahun baru ini; tetapi justru bagaimana kita berespons terhadap setiap situasi dan kondisi hidup ini. Lalu, bagaimana memastikan respons kita ini tepat dan benar?

 

Respons kita ditentukan dari prinsip hidup apa yang kita pegang. Sebagai anak Tuhan, kita telah belajar dan mengalami bahwa memegang kebenaran Firman Tuhan akan memampukan kita senantiasa memberikan respons yang benar atas setiap situasi dan kondisi kehidupan. Karena itu, sejak awal tahun 2019 ini, pastikan kehidupan kita dijalani dengan kita berpegang pada kebenaran Firman Tuhan. Jangan memulai tahun baru hanya dengan pesta yang gegap gempita, tetapi yang jauh lebih penting, mulailah dengan merenungkan Firman dan mengarahkan kembali fokus hidup kita pada Kristus. Ketika pikiran, perasaan, dan kehendak kita diarahkan pada Kristus, kita akan siap menghadapi semua situasi di tahun 2019 ini.

 

Kompas merupakan penunjuk arah bagi orang yang sedang melakukan perjalanan; demikian pula Firman Tuhan akan menjadi penunjuk kehidupan bagi orang yang takut akan Tuhan. Mulailah tahun baru ini dengan Firman Tuhan, maka seluruh kehidupan kita akan berjalan dengan benar dan baik.

Selamat tahun baru!

Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.” (Mzm. 119:105)

2019-09-27T12:37:27+07:00