//Multiplication

Multiplication

Mengapa harus ada pemulihan dan multiplikasi?
Rencana Allah sejak semula adalah multiplikasi. Pada mula pertama Allah – Bapa, Firman dan Roh Kudus – telah merencanakan multiplikasi, mulai dengan diri-Nya sendiri. Maka Allah berfirman, “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita,”(Kejadian 1:26). Allah ingin memenuhi sorga dan kekekalan dengan manusia yang serupa dengan diri-Nya(Roma 8:29). Tapi Iblis berusaha untuk menggagalkan rencana Allah. Namun maksud abadi Allah pasti tergenapi. Walau Gereja sudah jatuh dan jauh dari rencana itu, kini proses pemulihan sedang berjalan.
Kisah 3:18-21,
“Allah telah menggenapi apa yang telah difirmankan-Nya dahulu dengan perantaraan nabi-nabi-Nya, yaitu bahwa Mesias yang diutus-Nya harus menderita. Karena itu sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan, agar Tuhan mendatangkan waktu kelegaan, dan mengutus Yesus, yang dari semula diuntukkan bagimu sebagai Kristus. Kristus itu harus tinggal di sorga sampai waktu pemulihan segala sesuatu, seperti yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi-nabi-Nya yang kudus di zaman dahulu.”

 

Semua nubuatan tentang kedatangan Kristus pertama kali sudah digenapi. Ternyata, bahwa Yesus tidak akan datang kembali untuk kedua kalinya sebelum pemulihan segala sesuatu yang sudah dinubuatkan. Dia pasti akan kembali tepat pada waktunya. Kita tidak bisa menghalangi kedatangan-Nya, tetapi kita bisa menghalangi diri kita sendiri dari mengambil bagian dalam gerakan kemuliaan yang akan terjadi itu.
Itulah sebabnya, kita harus sadar dan bertobat. Ini adalah seruan yang sama yang diberikan kepada jemaat Efesus agar mereka ingat betapa dalam mereka telah jatuh dan bertobat, yaitu kembali mempraktekkan apa yang semula Tuhan telah berikan (Wahyu 2:4-6).
Pemulihan segala sesuatu adalah kehendak Tuhan dan Dia sudah berjanji kepada kita bahwa “Aku akan memulihkan kepadamu tahun-tahun yang hasilnya dimakan habis,”(Yoel 2:25). Tantangan kita adalah menjadi sadar, mengetahui, bertobat, kembali dan bertindak dengan iman untuk melakukan kebenaran-Nya. Tanpa sadar, kita tinggal dalam kebodohan dan menjadi tukang bangunan yang bodoh yang tidak sanggup membangun rumah yang kuat (Matius 7:24-27). Jangan sampai kita menjadi gadis yang bodoh, yang tidak akan masuk pesta kawin (Matius 25:1-13). Jangan tinggal bodoh, tetapi sadarlah dan bertobatlah!

 

INILAH WAKTUNYA
Dalam Minggu Penebusan, ada 6 Hari yang masing-masing 1000 tahun. 2000 tahun pertama adalah Zaman Bapa. 2000 tahun berikut adalah Zaman Anak. 2000 tahun berikut adalah Zaman Roh Kudus. Zaman Roh Kudus kini sudah jalan 1983 tahun. Masa penggenapan segala sesuatu sudah sangat dekat; mungkin hanya antara 10 sampai 30 tahun lagi. Jadi, sekarang adalah waktunya untuk kita bertindak dan mengimani pemulihan segala kebenaran itu. Inilah waktunya bagi kita untuk mengalami multiplikasi!

1. Multiplikasi Imamat Rajani
Imamat Rajani adalah fungsi setiap orang percaya. Setiap orang percaya adalah anggota Tubuh Kristus yang spesial dan penting (1 Korintus 12:11). Kalau satu anggota menderita, kita semua menderita (1 Korintus 12:26), karena kita semua adalah anggota satu sama yang lain. Oleh karena itu, kita harus melihat multiplikasi fungsi setiap orang. Masa “karunia penonton” sudah berakhir! Setiap kita harus bertumbuh dan memaksimalkan karunia dan talenta yang ada pada kita. Hanya dengan demikian, Tubuh Kristus menjadi satu dan sehat (Efesus 4:16). Inilah waktunya untuk tulang-tulang bergerak, bersatu dan hidup kembali (Yehezkiel 37:1-10). Inilah gerakan orang-orang kudus di akhir zaman yang akan menyatakan kemuliaan Allah, sehingga segala bangsa berduyun-duyun masuk ke dalam Rumah Tuhan (Yesaya 60:1-4). Hasilnya adalah merupakan tuaian besar dan penggenapan amanat agung.

2. Multiplikasi Jemaat dan Para Penatua
Pada tanggal 21 Desember, 2013, kita akan melihat Abbalove Jakarta menjadi 10 Gereja Lokal. Ini adalah revolusi dalam sejarah Abbalove. Sejak 1979, Abbalove menjadi satu Gereja Lokal dengan satu kepenatuaan. Awalnya ada tiga penatua, lalu empat dan kemudian enam penatua sebagai kepemimpinan Gereja Lokal, Abbalove Jakarta. Sekarang kita mencatat sejarah baru dan Abbalove Jakarta menjadi 10 Gereja Lokal, yang masing-masing otonom dengan masing-masing dipimpin oleh para penatua yang memimpin Gereja-gereja lokal tersebut. Namun, ke-10 Gereja Lokal bukan independen, tetapi interdependen. Kita tetap saling bergantungan satu kepada yang lain. Kita semua adalah bagian dalam satu Tubuh Kristus.
Oleh karena itu, kita mau mempraktekkan Firman Tuhan seperti dalam Kisah 14:23,
“Di tiap-tiap jemaat rasul-rasul itu menetapkan penatua-penatua bagi jemaat itu dan setelah berdoa dan berpuasa, mereka menyerahkan penatua-penatua itu kepada Tuhan, yang adalah sumber kepercayaan mereka.”
Dan juga seperti dalam Titus 1:5,
“Aku telah meninggalkan engkau di Kreta dengan maksud ini, supaya engkau mengatur apa yang masih perlu diatur dan supaya engkau menetapkan penatua-penatua di setiap kota, seperti yang telah kupesankan kepadamu.”
Multiplikasi Jemaat berarti harus juga ada multiplikasi para penatua. Dengan takut dan gentar, tapi dengan iman dan kasih, kita melangkah dalam langkah pemulihan dan multiplikasi yang penting ini.

3. Multiplikasi 5 Jawatan – Apostolic Team Ministry (ATM)
Sejak abad pertama, pelayanan 5 Jawatan mulai dicuri dari pola pelayanan Gereja. Dari zaman Konstantin, pelayanan 5 Jawatan sudah lenyap. 5 Jawatan (Rasul, Nabi, Pengajar, Gembala dan Penginjil), (Efesus 4:11-13), adalah 5 karakteristik pelayanan Kristus, yang diberikan kepada Tubuh Kristus sebagai pelayan-pelayan equipper, yang memperlengkapi semua orang percaya agar mereka semua sanggup melakukan pelayanan. Pelayanan mereka nyata dalam Perjanjian Baru dalam tim-tim apostolik yang berjalan keliling dari kota ke kota dan bangsa ke bangsa. Pelayanan tim seperti Petrus dan Yohanes, Paulus dan Barnabas dan lain-lain adalah salah satu ciri pola pelayanan Gereja mula-mula, sehingga penyebaran Injil begitu efektif.
Selama lebih dari 60 tahun, sejak Gerakan Hujan Akhir pada tahun 1948, kemudian dilanjutkan dalam Gerakan Karismatik, topik pemulihan 5 Jawatan telah menjadi topik yang paling hangat. Namun, belum dipulihkan sepenuhnya karena kontrol dana Gereja oleh pola pemerintahan Gereja yang telah menggantikan Kerajaan Imam dengan Suku Imam, Gembala Senior menggantikan Para Penatua, dan Majelis-majelis Synode menggantikan 5 Jawatan. Sekarang adalah waktu pemulihan dan multiplikasi kebenaran Apostolic Team Ministry, supaya kita boleh melihat Amanat Agung, Amanat Rasuli dan Maksud Abadi Allah digenapi.

Pada tanggal 21 Desember, kita memulai proses multiplikasi 5 Jawatan dengan menetapkan ATM yang dibiayai oleh prinsip perpuluhan dari perpuluhan. Pelayanan ini akan melayani baik dalam Abbalove maupun di luar, bukan untuk membangun Abbalove melainkan untuk membangun Tubuh Kristus. Ini adalah pelayanan multiplikasi agar kita boleh melihat tabiat Kristus dimultiplikasi di dalam semua orang percaya, sehingga kesempurnaan dan kemuliaan Kristus sungguh memenuhi bangsa Indonesia.

Multiplikasi dan Permulaan Baru
Setelah acara 21 Desember yang themanya, “Multiplication,” kita segera melangkah ke dalam suatu permulaan baru. Dari 1 Januari, 2014, tidak lagi ada satu Gereja Abbalove Jakarta, dengan satu kepenatuaan. Akan ada permulaan baru! 10 Gereja Lokal dengan 10 Kepenatuaan yang ditambah dengan tim ATM (5 Jawatan). Apa visinya?
1. Melihat Jakarta penuh dengan komsel-komsel yang menjadi berkat untuk seluruh Jakarta.
2. Melihat komunitas orang percaya di setiap lokasi di seluruh Indonesia sehingga menggenapi Amanat Agung, (Matius 28:18-20).
3. Melihat persatuan Tubuh Kristus di mana kita semua saling mengasihi dengan kasih sejati dan menggenapi Doa Yesus, (Yohanes 17:20-23).
4. Melihat penggenapan Amanat Rasuli, sehingga setiap orang percaya menjadi serupa dengan Kristus, (Kolose 1:28; Roma 8:29).
5. Melihat Yesus datang kembali dalam segala kemuliaan-Nya, (Kisah 3:21; 2 Tesalonika 1:10; 2:8; Matius 24:30; Yudas 1:14).

Mari, saudara-saudara. Hadirilah acara akbar di istora pada tanggal 21-22 Desember 2013, dengan berpartisipasi dalam saat historis ini, multiplikasi Abbalove, Kepenatuaan dan 5 Jawatan. Mari kita imani bahwa multiplikasi ini menjadi suatu permulaan baru, yang akan menghasilkan penggenapan Amanat Agung Tuhan Yesus sampai Indonesia penuh kemuliaan Allah.

2019-09-30T00:57:26+07:00