///My Father’s Business: Ekklesia Go

My Father’s Business: Ekklesia Go

Gereja adalah ekklesia, yang memiliki tugas utama berperang menghancurkan kuasaKuasa kegelapan yang mengikat jiwa-jiwa di dalam kegelapan dan membebaskan mereka, dan inilah pekerjaan Bapa. Pekerjaan Bapalah yang dilAkukan Yesus selama Dia melayani di muka bumi, dan pekerjaan Bapa pulalah yang harus kita lakukan sebagai ekklesia.

 

PEKERJAAN BAPA melalui YESUS

Matius 9:35: “Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Surga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan.

Yohanes 14:10-12: “Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diriKu sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaanNya. Percayalah kepadaKu, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepadaKu, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar daripada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa…”

Yesus berkata bahwa semua tugas yang Dia kerjakan adalah pekerjaan dari BapaNya, bukan dari keinginannya sendiri. Bahkan, Bapa ada di dalam Yesus dan Bapalah yang menggerakkan dan memampukan Yesus untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan itu. Wow, sungguh dahsyat kebenaran ini! Yesus berkata bahwa kita yang percaya kepada Yesus akan melakukan pekerjaan-pekerjaan yang sama, bahkan lebih besar, karena Bapa mengutus Roh Kudus untuk tinggal di dalam kita, yang menggerakkan dan memampukan kita. Karena itulah, Yesus mengutus murid-muridNya untuk melakukan pekerjaan yang sama.

 

PEKERJAAN BAPA melalui MURID KRISTUS

Lukas 10:1-2: “Kemudian daripada itu, Tuhan menunjuk 70 murid yang lain, lalu mengutus mereka berdua-dua mendahuluiNya ke setiap kota dan tempat yang hendak dikunjungiNya. KataNya kepada mereka: ‘Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada Tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.’”

Lukas 10:5-6 & 9: “Kalau kamu memasuki suatu rumah, katakanlah lebih dahulu: Damai sejahtera bagi rumah ini. Dan jikalau di situ ada orang yang layak menerima damai sejahtera, maka salammu itu akan tinggal atasnya. Tetapi jika tidak, salammu itu kembali kepadamu. …dan sembuhkanlah orang-orang sakit yang ada di situ dan katakanlah kepada mereka: Kerajaan Allah sudah dekat padamu.”

Bapa mengutus pekerjaNya, yaitu murid-murid Kristus, untuk menuai jiwa-jiwa. Tuaian sudah siap bahkan sangat banyak, yaitu orang-orang damai, yang belum bertobat dan percaya tetapi memiliki hati terbuka dan rindu mencari kebenaran.

 

EKKLESIA GO di Abbalove KTC

Seluruh kebenaran ini sangatlah berkuasa jika dipraktikkan, maka jemaat Abbalove KTC bersepakat untuk setia mempraktikkannya. Setelah kebenaran ini dibagikan dan dijelaskan kepada para PA (Penggembala Area) dan tim PKS di Abbalove KTC melalui pertemuan LEAD Komsel (pertemuan PA-PKS) serta retret doa puasa pekerja, kami mendapatkan pencerahan yang sungguh luar biasa. Yang lebih membangkitkan roh lagi adalah kesempatan untuk tim pekerja dan pemimpin Abbalove KTC menyaksikan salah satu film Kristen yang berjudul “War Room”, yang bercerita mengenai seorang istri yang berdoa peperangan untuk memenangkan suaminya yang tergoda oleh dosa cinta uang dan perselingkuhan. Ini menjadi aspek “up” (hubungan “ke atas” dengan Tuhan) yang luar biasa menginspirasi bagi Abbalove KTC, selain aspek “in” (hubungan “di dalam” sesama jemaat dalam ekklesia) yang menjadi semakin terbangun.

Dalam aspek “out” (langkah nyata “ke luar” untuk jemaat berdampak bagi orang-orang yang belum percaya), jemaat Abbalove KTC digerakkan Tuhan untuk semakin berani keluar dengan praktik menyembuhkan orang sakit dan memenangkan jiwa-jiwa. Salah satu materi pembelajaran utama yang sangat berguna adalah video klip ‘’The Last Reformation” di Youtube yang menunjukkan pelayanan Torben Søndergaard dari Denmark. Video klip ini memberi banyak contoh tentang bagaimana menyembuhkan orang-orang sakit di jalan dan langsung menantang orang sakit itu untuk menerima Yesus, bahkan untuk secepat mungkin dibaptis air dan Roh Kudus.

Sebagai dampak lainnya, pertumbuhan komsel yang sebelumnya cenderung lambat bermultiplikasi karena jemaat lebih banyak disibukkan dengan aspek “in” dan menunggu sahabat-sahabat baru dibawa ke komsel, sekarang mulai terjadi perubahan yang luar biasa. Komsel-komsel mulai banyak berdoa peperangan dan mengutus “kompak” (Komunitas Sepakat, 2-3 orang) keluar untuk menyembuhkan VIP List atau orang-orang damai yang dipertemukan oleh Tuhan. Kompak-kompak itu pun merintis komsel-komsel baru di rumah sahabat baru (orang damai) sehingga sahabat baru lebih bersemangat membawa keluarga dan kerabatnya yang belum percaya. Posisi para sahabat baru sebagai tuan rumah terbukti berbeda semangatnya dengan jika mereka menjadi tamu yang diundang ke komsel-komsel yang sudah ada. Penuaian pun terjadi dengan melimpah!

Selama bertahun-tahun, kita sering mendengar bahwa banyak gereja sel mengalami stagnasi/kemandekan dalam pertumbuhannya. Tetapi patut kita syukuri, setelah mendapatkan pencerahan ini, kita sungguh bisa yakin bahwa inilah waktunya gereja kembali menjadi seperti gereja mula-mula, sehingga gereja akhir zaman akan menjadi jauh lebih dahsyat lagi! Ekklesia Go!!!

2019-10-17T12:36:13+07:00