//Next Level in your career

Next Level in your career

 

Didalam dunia usaha, banyak sekali berbagai contoh produk yang sudah punah akibat lambatnya di dalam “go to the next level.” Kodak Eastman (produsen produk kamera dan film) terancam bangkrut karena terlambat melakukan perubahan tekhnologi. Produsen ponsel Nokia tersusul jauh oleh Apple dan Samsung karena telat mengantisipasi perubahan selera pasar. Warung tradisional terancam punah karena munculnya konsep mini-mart. Dan masih banyak contoh lain yang membuktikan, ketika kita lambat di dalam belajar meningkatkan kualitas dan ketrampilan, maka kita akan tersusul oleh orang yang setia “go to the next kevel”.

Bagaimana aplikasi “go to the next level” di dalam karir pribadi kita? Berikut ada 7 tips bagaimana kita berpikir & bertindak menuju NEXT LEVEL di dalam karir

1. Ciptakan “Peta Perjalanan” karir Anda
Renungkan kembali, kemana Anda sudah melangkah? Pikirkan dan tentukan kemana langkah Anda 10 tahun, 20 tahun atau 30 ke depan. Tuliskanlah apa yang Anda pikirkan di secarik kertas. Kemudian tulis ulang seluruh “puzzles” (potongan informasi) yang telah ditulis ke dalam sebuah peta perjalanan hidup Anda. Buatlah serinci mungkin

2. “Facelift” CV Anda
Tulis ulang resume atau CV Anda, percantik dengan berbagai prestasi yang telah Anda capai 12 bulan terakhir ini. Beri penekanan yang specifik dan detil tentang apa saja yang telah Anda capai dan bagaimana hal itu berpengaruh terhadap perusahaan di mana Anda kerja sekarang. Bila perlu, hasil tulisan ulang resume Anda, berikan copynya kepada sahabat atau kolega (di luar perusahaan yang sudah pasti). Minta mereka untuk memberikan komentar dan masukan demi perbaikan dalam karier Anda.

3. Menabung ketrampilan baru terus menerus
Jangan pernah berhenti belajar tentang hal-hal baru. Selalu membuat target, berapa banyak ketrampilan baru yang Anda ingin tambahkan di setiap tahun. Ingat, aset Anda dalam bekerja adalah ”ketrampilan yang Anda jual.” Semakin tinggi kualitas Anda, semakin mahal harga Anda. Gunakanlah berbagai hal dan kesempatan dengan berbagai cara agar selalu belajar – belajar – belajar.

4. Tunjukan prestasi Anda
Bila Anda berharap mendapatkan promosi, maka secara teratur informasikan pencapaian prestasi Anda pada atasan / perusahaan. Jelaskan dengan data konkrit, berapa besar kontribusi Anda tahun ini dan sejauh mana dampak positifnya bagi perusahaan. SELALU GUNAKAN KUANTITATIF di dalam menjelaskan prestasi Anda. Misalnya, saya sudah mampu mengurangi tingkat kesalahan produksi dari 3% per bulan menjadi 1% per bulan. Saya sudah mampu memproses setiap proposal dari deadline 3 hari menjadi 1 ½ hari per proposal. Orang akan lebih terkesan dengan prestasi Anda bila ditulis dalam bentuk angka.

5. Ambil berbagai kursus & koleksi sertifikat kompentensi Anda
Rajin-rajinlah mengikuti berbagai seminar, lokakarya atau kursus yang akan memperkaya kompentensi Anda. Misalnya, Anda mengikuti seminar ”Tehnik Bernegosiasi” atau ”Tehnik Presentasi Efektif,” dsb. Anda tidak hanya dapat mengoleksi ketrampilan Anda saja, tetapi sekaligus mempercantik resume Anda dengan berbagai sertifikasi yang Anda raih. Jangan tunggu perusahaan yang membiayai Anda, investasikan sebagian uang Anda untuk masa depan dengan mengikuti berbagai kursus

6. Banyak bertanya
Banyak bertanya kepada orang-orang yang sudah lebih berpengalaman atau orang yang posisinya sudah jauh lebih tinggi dari Anda. Dengarkan “success story” mereka. Dapatkan berbagai nasihat dan tips yang berharga. Catatlah semua apa yang Anda dengar. Lalu, mulailah mencontohi langkah-langkah mereka

7. Ciptakan “Keunikan “ Anda
Pikirkan & tuliskan, keahlian dan keunikan apa yang Anda miliki, di mana orang-orang yang selevel Anda tidak memilikinya? Misalnya, saya pandai bernegosiasi, saya pandai memecahkan masalah, saya sangat terampil di dalam meyakinkan orang lain, saya mampu membangun team kerja yang kuat, saya memiliki cara berpikir konseptual yang tinggi.

Buatlah sebuah daftar lengkap yang indah bagi diri Anda. Bila Anda belum memiliki berbagai keunikan ini, maka pikirkanlah, keunikan apa yang Anda mau ciptakan di kemudian hari. Kapan harus tercapai hal itu? Keunikan apa yang ingin Anda bangun dalam 1 tahun ke depan, 2 atau 3 tahun ke depan?

Tujuh tips di atas akan menolong Anda untuk ”go-to-next level” dalam karir maupun kompensasi. Berbagai langkah penting untuk ”go-to-next-level” ini, dapat Anda baca di dalam buku saya ”[email protected]” terbitan Gramedia. Jika Anda siap untuk menjalankan berbagai tips di atas, maka Anda akan melihat diri Anda berada pada posisi yang berbeda beberapa tahun ke depan. Selamat mempratekan! (Freddy Liong)

2019-10-08T01:07:09+00:00