///Parade Kemegahan

Parade Kemegahan

Namun di sisi lain sebagai anak Tuhan dan murid Kristus, apa yang sebenarnya menjadi kehebatan dan kemegahan kita? Banyak di antara kita sudah mencapai kesuksesan hidup dalam hal banyak kekayaan, banyak kekuatan dan keahlian, serta banyak relasi. Apakah hal-hal duniawi ini telah menjadi kebanggaan kita?

Mungkin kita berpikir bahwa kehebatan dan kemegahan seorang Kristen seharusnya dilihat dari keberhasilan dalam dunia pelayanan. Kita berbangga karena gereja atau komunitas sel kita memiliki banyak jemaat dan anggota, sehingga jumlah jemaat dan anggota yang hadir di gereja menjadi pembicaraan para pemimpin. Atau, kita berbangga karena mempunyai gedung gereja yang megah dengan peralatan multimedia yang canggih. Kalau gereja dan komunitas sel tidak memiliki banyak jemaat atau anggota, hanya memiliki gedung yang sederhana, peralatan sound system dan multimedia yang juga seadanya, apakah kita lalu merasa tidak berhasil dan tidak bisa bermegah?

Sesungguhnya, Firman Tuhan mengingatkan kita bahwa kemegahan anak Tuhan atau murid Kristus bukanlah lahir dari apa yang menjadi ukuran dunia. Kita bukan bermegah karena kekuatan dan kekayaan yang dipandang dunia. Sebagai anak Tuhan, kita harus bermegah di dalam Dia. Memiliki pemahaman dan pengenalan tentang Kristus, itulah yang menjadi kemegahan kita. 

Dengan prinsip ini, bukan kekayaan dan kekuatan kitalah yang membuat kita dapat bermegah. Gereja dan komunitas sel tidak sepantasnya bermegah atas jumlah jemaat dan anggota, tetapi mereka justru perlu bermegah karena jemaatnya memiliki dan bertumbuh dalam pemahaman dan pengenalan akan Kristus.

Ketika kita bermegah berdasarkan hal-hal yang benar, Tuhan berjanji akan menyatakan kasih-Nya atas kita. Inilah kemegahan anak Tuhan murid Kristus yang sesungguhnya. Mari kita bermegah dengan dasar pemahaman dan cara yang benar.

“Beginilah Firman TUHAN: ‘Janganlah orang bijaksana bermegah karena kebijaksanaannya, janganlah orang kuat bermegah karena kekuatannya, janganlah orang kaya bermegah karena kekayaannya, tetapi siapa yang mau bermegah, baiklah bermegah karena yang berikut: bahwa ia memahami dan mengenal Aku, bahwa Akulah TUHAN yang menunjukkan kasih setia, keadilan dan kebenaran di bumi; sungguh, semuanya itu Kusukai, demikianlah Firman TUHAN.’” – Yeremia 9:23 

2017-10-26T08:16:18+07:00