//Pelayanan 5 JAWATAN

Pelayanan 5 JAWATAN

2.Penatua menggembalakan, memimpin, mendewasakan dan mempersatukan jemaat lokal dengan memberi diri sebagai teladan pada jemaat lokal, (Kis.20:28; Tit.1:5-11; 1Pet.5:1-3).

3. 5 Jawatan melayani, membimbing, melatih, melengkapi dan mempersatukan jemaat Tubuh Kristus dari kota ke kota dan bangsa ke bangsa agar menjadi sempurna dalam Kristus, (Ef.4:11-15; Kol.1:25-29; 1Pet.1:1-7; 1Yoh.3:1-3).

5 Jawatan juga bersifat Penatua
Setiap orang percaya adalah imamat rajani. Di antara imamat rajani, ada orang-orang dewasa, yang dilengkapi dan dipanggil oleh Tuhan menjadi penatua-penatua. Ini bukan promosi, tapi panggilan dan tugas. Ada yang dilengkapi secara khusus oleh Tuhan untuk melayani lebih luas dari jemaat lokal, karena dipanggil untuk melayani dan melengkapi jemaat secara trans-lokal, dari kota ke kota. Ini bukan promosi, tapi panggilan dan tugas. 5 Jawatan bukan lebih hebat dari para Penatua dan para Penatua bukan lebih hebat dari Imamat Rajani. Kita dipanggil untuk setia dengan panggilan kita, Mat.25:14-30. Yesus berkata, “Yang seorang diberikannya lima talenta, yang seorang lagi dua dan yang seorang lain lagi satu, masing-masing menurut kesanggupannya,” Mat.25:15.
* Yohanes adalah penatua – 2Yoh.1:1; 3Yoh.1:1, “Dari penatua (presbuteros) kepada …”
* Petrus adalah penatua – 1Pet.5:1, “aku sebagai teman penatua (sumpresbuteros)”
* Paulus dan Timotius adalah penatua – 2Kor.1:1; 5:20, “utusan-utusan (presbeuomen) Kristus.”

Tugas 5 Jawatan menurut Efesus 4:11-15 adalah :
1.Memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan – Ef.4:12
Bukan 5 Jawatan yang harus melakukan semua pelayanan, tetapi 5 Jawatan melayani agar setiap orang percaya diperlengkapi untuk melayani sesuai karunia, talenta dan panggilannya masing-masing. Siapa melakukan pelayanan? Imamat rajanilah yang melakukan pelayanan!

2.Pembangunan Tubuh Kristus – Ef.4:12
Sebagai pelayan-pelayan trans-lokal, 5 Jawatan membangun persatuan Tubuh Kristus seperti dalam Kemah Musa, di setiap dinding ada lima papan yang mengikat seluruh struktur dalam persatuan (Kel.26:26). 5 Jawatan menjadi penyambung dari kota ke pedalaman dan dari kota ke kota dan bangsa ke bangsa.

3.Pelayanan agar kita semua mencapai kesatuan iman – Ef.4:13
Ini menunjukkan bahwa pelayanan 5 Jawatan sangat diperlukan masa kini. Tanpa pelayanan ini, akan terjadi banyak perpecahan iman dan doktrin-doktrin yang salah dari Firman Tuhan. Peranan 5 Jawatan adalah membawa Tubuh Kristus ke dalam kesatuan dasar iman, visi dan arah jemaat. Paulus menasihatkan agar, “berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera … sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman,” Ef.4:3,13. Ini sama dengan doa Yesus dalam Yoh.17:20-23 agar dunia percaya. Jadi, kita memerlukan pelayanan 5 Jawatan dipulihkan dan operasional dalam Tubuh Kristus.

4.Keserupaan dengan Kristus – Ef.4:13
Inti dari maksud abadi Allah adalah kita menjadi serupa dengan gambar Kristus. Itulah rahasia Allah yang dinyatakan kepada kita, Kol.1:25-29. Kita diciptakan menurut gambar dan rupa Allah, Kej.1:26-28. Bila Kristus kembali untuk kedua kalinya, kita menjadi seperti Yesus, 1Yoh.3:1-3. Pelayanan ini membawa visi dan melengkapi Tubuh Kristus agar kita mencapai kesempurnaan. Jadi, kita akan menyaksikan kuasa, urapan dan mukjizat Kristus digenapi sepenuhnya, sesuai dengan Yoh.14:12; Rom.8:29.

5.Membatalkan dampak pengajaran palsu – Ef.4:14
5 Jawatan melindungi Tubuh Kristus terhadap kelicikan penyesat-penyesat dan pengajaran palsu yang mempermainkan jemaat. Jika jemaat sudah dewasa, maka mereka akan bebas dari pengaruh penyesat atau disesatkan, 2Tes.2:10. 5 Jawatan menganalisa pengajaran-pengajaran baru dan mempersiapkan jawaban untuk membatalkan dampaknya, jika doktrin itu ternyata menyimpang dari kebenaran Firman Tuhan.

6.Pertumbuhan ke arah Kristus – Ef.4:15
5 Jawatan melayani jemaat agar bertumbuh ke arah Kristus. Yesus menjadi fokus pelayanan kita, “Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan! Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus,” Kol.1:27-28. Roh Kudus menuntun kita untuk menjadi serupa Kristus, 2Kor.3:18.

Bagaimana mendukung/mensupport pelayanan 5 Jawatan
Prinsip Firman Tuhan adalah “Tuhan telah menetapkan, bahwa mereka yang memberitakan Injil, harus hidup dari pemberitaan Injil itu,” 1Kor.9:14. Bagaimana prinsip itu dipraktekkan sekarang? Di bangsa Israel dulu, ada dua lapis pelayanan yang didukung dari perpuluhan. Pertama adalah suku Lewi, yang melayani full-time, didukung persepuluhan dari seluruh Israel, Bil.18:21. Kedua adalah suku Lewi yang membayar persepuluhan. Dana ini menghidupkan pelayanan Imamat (Harun dan empat anaknya sebagai gambaran 5 Jawatan), Bil.18:26-28.
Paulus meneguhkan prinsip ini, bahwa, ”Demikian pula Tuhan telah menetapkan, bahwa mereka yang memberitakan Injil, harus hidup dari pemberitaan Injil itu,” 1Kor.9:13-14. Para pelayan hidup dari persepuluhan jemaat.

Bagaimana aplikasinya dalam Abbalove Masa Depan?
Di masa depan, para penatua yang akan ditetapkan di tiap-tiap area (jemaat lokal) akan didukung dari persepuluhan jemaat lokal. Lalu, persepuluhan dari pemasukan setiap jemaat lokal akan masuk ke dalam dana support 5 Jawatan. Jadi, kita menhidupkan pelayanan Apostolik Team Ministry : 5 Jawatan bersama staf, yang berjalan keliling dalam pelayanan equipping/perlengkapan baik internal Abbalove maupun Tubuh Kristus. Tujuannya: Pertama, agar kita genapi Amanat Agung untuk membawa Injil kepada setiap suku, kaum, bangsa dan bahasa (Mat.28:19-20; Mk.16:15). Kedua, agar kita genapi Amanat Rasuli untuk memimpin setiap anggota jemaat ke dalam kesempurnaan dalam Kristus (Kol.1:25-29).
Jika kita ingin membangun sesuai gambar Kristus, demi pertumbuhan jemaat Abbalove ke depan, maka kita benar-benar membangun kesatuan dalam Tubuh Kristus. Mari, gali, fahami dan imanilah kebenaran! Ingat, Tuhan mempersiapkan kita untuk kemuliaan Gereja-Nya di akhir zaman.
Oleh Penatua DR. Jeff Hammond

2019-10-10T00:06:28+00:00