//STOP menjadi SUPERMAN bagi anak anda

STOP menjadi SUPERMAN bagi anak anda

Tujuan utama anda di area penderitaan adalah untuk anak-anak mengikuti teladan Yesus. “Sebab untuk itulah kamu dipanggil, karena Kristuspun telah menderita untuk kamu dan telah meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikuti jejak-Nya. Ia tidak berbuat dosa, dan tipu tidak ada dalam mulut-Nya. Ketika Ia dicaci maki, Ia tidak membalas dengan mencaci maki; ketika Ia menderita, Ia tidak mengancam” 1 Petrus 2:21-23
Justru kesempatan anda dapat mengajar anak-anak untuk menanggapi penderitaan seperti halnya Yesus, dengan menyerahkan diri mereka kepada Allah yang berdaulat yang menghakimi dengan adil.
Allah akan mengambil situasi yang tidak adil, menyakitkan dan jahat di mana anak-anak anda hidup dan mencampurnya dengan kebaikan dan kedaulatanNYA. Anak=anak anda perlu mengetahui bahwa mereka akan menderita, bahkan Yesus menjaminnya (Yohanes 16:33), tetapi Allah baik dan DIA yang pegang kendali. Ketidakadilan apapun yang mereka hadapi, Allah akan membereskannya pada akhirnya. Kesukaran apapun yang mereka lewati, Allah dapat memberi kekuatan untuk melaluinya.

Oke…tapi bagaimana menyiapkan mereka menghadapi penderitaan?

Ada 3 langkah yang perlu kita lakukan kalau anak kita mendatangi kita dengan sedih karena penderitaan yang dialaminya.
* Langkah Pertama
Tanyakan apa yang mengganggu mereka dan beri mereka kebebasan (jangan langsung diberikan komentar) untuk menjawabnya dengan jujur.
Ketika ada hal yang salah terlihat pada diri anak anda, tanyakan masalahnya kepada mereka.
Setelah mereka bercerita, berempatilah bagi mereka. Katakanlah hal-hal seperti:, ‘Ya, saya dapat merasakan sakitnya. Situasinya memang berat.” Jangan masuk ke gaya memperikan koreksi dan penilaian, atau segera berikan solusi. Berdoalah dengan mereka. Berikan kesempatan kepada Allah. Anda tidak akan selalu ebrada di sisi mereka, tetapi Allah. Undanglah DIA di dalam situasi yangs edang dihadapi anak anda sehingga mereka dapat belajar cara melakukannya.
* Langkah Kedua
Menemukan di mana mereka menderita.
Anda telah membuat mereka mengatakan kepada anda apa yang mengganggu mereka. Sekarang cobalah mencari di balik situasi bermasalah tersebut dan galilah akar permasalahannya. Di sini pentingnya mendengar bukan hanya dengan telinga anda tetapi dengan hati anda.
Ingat Roh Kudus diberikan kepada kita sebagai Penolong supaya kita dapat melakukan semua perintahNYA. Salah satu perintahNYA kepada kita sebagai orang tua adalah mendidik anak kita di dalam jalan Tuhan. Ini adalah waktu yang paling tepat untuk anda sebagai orang tua berbahasa Roh di dalam hati dan minta hikmatNYA. DIA pasti akan menunjukkan di mana letak permasalahannya.
* Langkah Ketiga
Menghubungkan penderitaan dengan Firman Tuhan dan mulailah membentuk cara pandang anak anda.
Langkah ini adalah langkah yang penting bagi anda sebagai orang tua untuk mendidik dan mewariskan Nilai-nilai Kebenaran Firman kepada anak anda.

(disadur dari buku Effective parenting in a Defective World karangan Chip Ingram-World Teach)

2019-09-30T17:09:16+07:00