Tangan Siapa

Pada akhir perang dunia II, para serdadu Amerika yang ditempatkan di sebuah desa di jerman menawarkan bantuan kepada orang-orang yang hidup terpencil disana. Tetapi, orang-orang itu tidak meminta makanan, uang, alat-alat pertanian, atau benih. Mereka meminta bantuan untuk memugar sebuah patung.

Selama bertahun-tahun, patung itu terletak diaulun-alun kota itu telah menjadi milik yang mereka banggakan. Sekarang patung itu sudah hancur. Bisakah orang-orang Amerika membantu membangunnya lagi?

Image 

Tugas itu sulit, tetapi akhirnya patung itu berhasil diperbaiki kecuali kedua bagian tubuh yang hilang, yang tidak mampu ditemukan atau digantikan.

Kemudian, para serdadu tersebut menutup patung itu dengan kain sehingga ia bisa dibuka dalam sebuah upacara dihadapan seluruh warga desa itu, meski patung itu tidak lengkap. Kepala desa lalu menarik tali, dan kainpun melorot dari patung itu:patung Kristus tanpa tangan. Orang-orang desa itu memandang kepada tulisan yang ditempatkan oleh para serdadu di kaki patung itu, “Saya tidak mempunyai tangan. Maukah engkau mewakili saya?”

Janganlah bertanya apakah yang akan dilakukan negeri buat anda, tetapi tanyalah apa yang anda dapat lakukan untuk negeri anda. (Jhon F Kennedy)

Tuhan tidak mempunyai tangan kecuali tangan anda,
Tuhan tiak mempunyai kaki kecuali kaki anda,
Tuhan tidak mempunyai mata kecuali mata anda,
Maukah anda menjadi alat-Nya untuk dunia ini?
(Mother Teresa)

2006-08-20T03:11:22+00:00