///Tertawa Bersama Anak

Tertawa Bersama Anak

Aktivitas yang memberikan kesenangan di hati anak selalu mengandung unsur bermain. Misalnya, bermain air, berlari, mendaki, bersepeda atau menikmati berbagai permainan yang ada. Yang terpenting di sini adalah kita sungguh-sungguh menikmati semua aktivitas ini; jadi kita jangan sekedar berpura-pura gembira di hadapan anak. Sebagai contoh, ketika kita berlomba lari atau bersepeda, kita benar-benar merasakan ketegangan dan keseruannya; sewaktu mendaki gunung kita saling membantu; ketika berada di arena permainan kita ikut berteriak dengannya. Melihat reaksi kita yang spontan dan tulus, anak akan menikmati kebersamaan ini dan ia akan semakin akrab dengan kita.
Satu hal perlu diingat adalah bahwa menciptakan suasana riang tidaklah harus mengeluarkan biaya yang tinggi. Untuk mendapatkan tempat rekreasi pun tidak harus mengeluarkan uang yang banyak dan tidak harus bepergian jauh. Bisa jadi di sekitar komplek rumah kita ada lokasi menarik untuk dikunjungi, entah itu sungai, taman jogging, danau kota, taman kota, rumah-rumah kuno dan lain-lain. Tuhan itu adil dan Ia telah menyediakan berbagai sarana yang bisa dijangkau baik oleh kita yang berkelimpahan, yang biasa-biasa saja, atau yang sederhana. Hati yang mencintai dan ingin membuat anak senang adalah bekal mendasar untuk membuat kita kreatif dalam merancang dan memberikan pengalaman yang berkesan baginya.

Demikian pula, pengalaman riang tidak selalu harus terjadi di luar rumah, di dalam rumahpun bisa menjadi arena senda gurau ketika kita sedang bersama-sama. Misalnya, ibu dapat membuat masakan kegemaran anak atau sekali-kali ayah yang memasak. Ketika mengetahui bahwa ayah yang jarang atau bahkan tidak pernah memasak tiba-tiba memasak (apapun rasanya dan hasilnya), anak akan terkejut dan hal ini dapat menjadi sumber kegembiraan bagi anak. Bila kita kehabisan ide, kita dapat bertanya dan meminta anak untuk merencanakan suatau aktivitas yang menyenangkan. Dengarkanlah keinginannya sebab ketika usulannya diterima, ia akan merasa dipedulikan dan dihargai.
Tertawa bersama anak lebih dari sekedar memberikan materi dan kebutuhan anak. Tertawa bersama anak adalah sungguh-sungguh meresapi dan menikmati kebersamaan dengan anak, dengan seluruh keberadaan diri kita sebagai orang tua. Inilah yang akan membekas di hati anak dan membangun dirinya sampai seumur hidup. (hy)
(bersambung ke edisi berikutnya)
1

 

2019-10-17T17:40:00+07:00