///The Law of Strength & Courage

The Law of Strength & Courage

AKTIF
Di dalam Bahasa Ibrani, kata “kuatkan” dan “teguhkan” merupakan kata kerja. Ini berarti Anda tidak dapat duduk diam dan bersikap pasif dalam menghadapi tantangan. Tuhan mengatakan bahwa Ia telah memberikan roh yang lebih kuat daripada roh-roh dunia ini. Karena itu, biasakan untuk aktif menghadapi tantangan, bukan dengan nekat, melainkan dengan kuasa dan hikmat Tuhan.

DISIPLIN
Kata “kuatkan”, atau dalam terjemahan Bahasa Inggris “be strong”, berasal dari kata kerja dalam bahasa Ibrani, yaitu “h?a?zaq”. Kata ini dipakai untuk menggambarkan seseorang yang sedang mengeraskan otot-otot tubuhnya melalui serangkaian disiplin dan latihan fisik maupun mental. Mengapa ini penting? Karena, pada akhirnya disiplin-disiplin Andalah yang menentukan kebiasaan-kebiasaan Anda. Kebiasaan itu yang akan membentuk karakter sejati Anda; dan karakter sejati Anda yang membentuk bagaimana Anda memberikan respon dalam tekanan.
Milikilah disiplin yang positif dan efektif dengan memulainya dari hal-hal yang sederhana terlebih dahulu. Misalnya, membaca Alkitab setiap hari.

FOKUS
Frase “teguhkanlah hatimu” berasal dari kata kerja dalam Bahasa Ibrani, yaitu: “a?mas?”. Kata ini dipakai untuk menggambarkan seorang atlit bela diri yang sedang mensiagakan fisik dan mentalnya untuk bertarung. Biasanya posisi ini disebut “kuda-kuda”, suatu kewaspadaan yang terfokus dalam situasi yang beresiko. Ketika tantangan berat menekan dan menghalangi laju hidup Anda, di manakah Anda memusatkan perhatian Anda? Apakah Anda memfokuskan perhatian pada kemustahilan tantangan itu atau pada kuasa Tuhan di dalam diri Anda? Tuhan mengatakan bahwa di luar diriNya kita tidak dapat berbuat apa-apa, sedangkan bagi Tuhan tidak ada yang mustahil. Karena itu, fokuskanlah fisik dan mental Anda pada hadiah dan kemenangan yang Tuhan telah janjikan.

Penghalang menjadi kuat dan teguh
1. KEENGGANAN MEMIKUL TANGGUNG JAWAB
Keengganan menjalankan tanggung jawab membuat Anda tampak seolah-olah memasrahkan hidup Anda pada Tuhan, padahal pada kenyataannya Anda enggan bertanggung jawab atas hidup Anda sendiri.

2. PENUNDAAN
Penundaan adalah lawan dari disiplin. Penundaan adalah ekspresi dari kemalasan. Penundaan membuat Anda berkompromi dengan zona nyaman Anda dan tidak melakukan apa yang seharusnya Anda lakukan.

3. KESOMBONGAN
Kesombongan membuat Anda memfokuskan perhatian Anda pada keahlian dan pengalaman yang Anda miliki dan bukan pada kuasa dan pribadi Tuhan. Akibatnya, ketika ada goncangan yang mengganggu kemampuan diri itu, kekuatan dan keteguhan pun menjadi lenyap.

4. KETIDAKFOKUSAN
Ketidakfokusan pada janji kemenangan Tuhan membuat Anda cenderung menghindar untuk mengatasi dan menyelesaikan masalah dan lebih memilih untuk memikirkan hal-hal yang lain.

The law of strength and courage
aktif menggunakan hikmat Tuhan + disiplin positif yang alkitabiah + fokus pada janji Allah = kemenangan atas situasi apapun

Word of wisdom
“Ingat, Aku sudah memerintahkan kepadamu supaya engkau sungguh-sungguh yakin dan berani! Janganlah engkau takut atau kurang bersemangat, sebab Aku Tuhan Allahmu mendampingi engkau ke mana saja engkau pergi.” (Yosua 1:9 BIMK)

2019-10-17T17:39:27+07:00