///Tugas TERBERAT dalam Liburan Sekolah

Tugas TERBERAT dalam Liburan Sekolah

* Siapkan Peralatan Baru
Salah satu hal yang membuat anak semangat kembali ke sekolah adalah peralatan sekolah baru. Biarkan anak memilih sendiri buku tulis dan alat tulis dengan karakter lucu yang mereka suka. Hal itu akan membuat mereka semangat belajar dan juga menjadi sarana bersosialisasi dengan teman-temannya. Akan lebih menyenangkan jika Anda mengajari anak untuk membuat pernik-pernik peralatan sekolahnya sendiri. Misalnya tempat pensil hasil kreasi sendiri. Benda-benda hasil prakarya tentu akan membuat anak lebih bangga.

* Latih kembali Pola Tidur
Selama liburan, pola tidur anak tidak beraturan. Jika pada musim sekolah mereka terbiasa bangun pagi, disaat liburan mereka lebih bebas bangun siang. Sedangkan malam hari, mereka berangkat tidur lebih malam. Agar anak kembali ke pola tidur pada saat sekolah, beberapa hari menjelang liburan berakhir, biasakan anak menepati jadwal tidur dan bangun seperti saat sekolah. Sehingga pada saat sekolah sudah dimulai, anak sudah siap dengan pola yang lama.

* Bangkitkan kerinduan untuk berjumpa dengan teman-teman sekolah
Lingkungan sosial yang menyenangkan di sekolah bisa membuat anak bersemangat kembali ke sekolah. Jika anak Anda menunjukkan tanda-tanda tak semangat berangkat sekolah, ingatkan dia pada teman-temannya di sekolah. Jika hubungan sosial anak dengan teman-teman sekolahnya cukup baik, akan ada rasa rindu bertemu teman-temannya itu. Terlebih setelah liburan panjang, anak telah menyimpan banyak pengalaman yang bisa diceritakan pada teman-temannya.

* Jalan-jalan ke sekolah
Jika anak memasuki sekolah baru, misalnya dari TK ke Sekolah Dasar, tunjukkan pada mereka sekolah barunya sebelum hari H tiba. Ajak anak jalan-jalan ke sekolah barunya sehingga terbiasa dengan sekolah dan ruang kelasnya nanti.

* Siapkan menu bekal ke sekolah yang istimewa
Siapkan pula bekal sekolah yang menarik untuk si kecil. Ajak dia membantu menyusun ide dan menyiapkan bekal sekolahnya sendiri. Dengan demikian, akan ada rasa bangga terhadap bekal hasil buatannya sendiri.

Komitmen orang tua untuk mempersiapkan anak adalah kunci untuk semuanya.

Ingat! Orang tua yang dimaksud bukan hanya ibu tapi juga ayah, bukankah Firman Tuhan jelas mengatakan bahwa tugas mendidik dan mengajar anak adalah tugas ayah dan ibu?

2013-06-29T03:24:12+07:00