//Bahan Komsel Minggu I April 2010

Bahan Komsel Minggu I April 2010

SIKAP MORDEKHAI MENGHADAPI KESULITAN

Mordekhai, pengasuh Ester, ialah seorang Yahudi yang hidup dalam pembuangan, hidup dalam keadaan politik yang tidak tentram, mengalami tekanan secara sosial dan emosional dalam kebudayaan asing, tetapi ia berhasil mendidik dan membesarkan Ester. Kalau kita pernah membahas tentang Ester, maka perjuangan Ester tidak bisa dipisahkan dari perjuangan Mordekhai, yang memilih sikap yang benar dalam menghadapi kesulitan yang dihadapinya. Allah memakai Mordekhai hingga ia menjadi orang nomor dua di seluruh negeri, setelah raja. Mari kita bahas…

A. UP -> FIRMAN KERAJAAN (KINGDOM ENCOUNTER)
*
Mari kita baca Ester 2:21-22, 3:5, 4:13-14
* Coba diskusikan 3 sikap yang benar dari Mordekhai saat menghadapi kesulitan.

B. IN -> INTER-RELASI (KINGDOM COMMUNITY)
*
Mari kita saling sharing di dalam kelompok kecil (pemuridan):
* Dari 3 sikap yang benar dari Mordekhai, 1 hal apa yang paling perlu ditingkatkan dalam hidup Anda?
* Komitmen apa yang Anda ingin buat, sehubungan dengan pertanyaan di atas?
* Dari 3 sikap yang benar dari Mordekhai, 1 hal apa yang Anda pernah berpengalaman bersama Allah, yang dapat membangun rekan-rekan lain? Ceritakanlah!

Rangkuman:
1.Setia & mengabdi pada otoritasnya (Est 2:21-22).

Melalui perantaraan Ester, ia memberitahukan kepada raja tentang rencana pembunuhan kepada raja yang akan dilakukan oleh 2 orang sida-sida raja.

2.Tidak berkompromi (Est 3:5).
Walaupun ia dalam keadaan sulit, dipaksa untuk memberi hormat pada Haman, ia bertahan pada pendiriannya. Berkali-kali kalau ditanya mengapa ia tidak memberi
hormat pada Haman, ia mengatakan bahwa ia orang Yahudi, meskipun ia tidak pernah memberitahukan bahwa ia adalah saudara dari Ratu Ester.

3.Tegas mengatakan kebenaran (Est 4:13-14).
Mordekhai penuh keyakinan kalau Ester tidak membantu, maka Tuhan akan membantu dengan cara lain. Dengan cara ini, Mordekhai mentransfer imannya kepada Ester untuk
berani bertindak oleh kebenaran.

C. OUT -> TRANSFORMASI MELALUI DOA SEPAKAT (KINGDOM TRANSFORMATIONAL PRAYER)
Pokok doa:
1.Agar setiap kita belajar mempraktekkan 3 sikap yang benar dari Mordekhai.
2.Agar melalui praktek tersebut, para duta Kerajaan Allah menjadi garam dan terang melalui perbuatan baik yang menjawab kebutuhan masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Pilihan lagu: Ku Tak Membawa, Bukan Dengan Barang Fana.

Mari kita hafalkan: Ester 4:14
Sebab sekalipun engkau pada saat ini berdiam diri saja, bagi orang Yahudi akan timbul juga pertolongan dan kelepasan dari pihak lain, dan engkau dengan kaum keluargamu akan binasa. Siapa tahu, mungkin justru untuk saat yang seperti ini engkau beroleh kedudukan sebagai ratu.

2019-09-24T20:34:24+00:00